Tips Berkendara Aman di Musim Hujan

0
38

Konon biasanya cuaca di penghujung akhir tahun sangat identik dengan tingginya intensitas hujan yang turun di hampir seluruh penjuru tanah air, hal ini tentunya diharapkan tidak menjadi suatu penghalang bagi kita untuk tetap menjalankan aktifitas rutin sehari hari.

Buat para pengguna sepeda motor, tentunya berkendara di kondisi hujan perlu sedikit persiapan tambahan agar kita tetap aman dan mampu beradaptasi dengan baik melewati situasi ini.

“Menurut berbagai sumber informasi yang ada, tentunya banyak artikel yang menyarankan penggunaan berbagai perlengkapan tambahan yang dipakai dalam kondisi hujan, nah tentunya hal itu akan lebih maksimal apabila dibarengi dengan pemahaman yang cukup akan karakteristik situasi hujan yang nantinya akan kita lewati sebagai pengendara.

Hal demikian disampaikan Reza Novendri, Safety Riding Instructor dari Honda. Seperti apa ulasannya mari kita simak :
1. Situasi : Saat kondisi hujan, maka jalanan akan menjadi lebih licin, terutama pada saat awal turun hujan. Hal ini dikarenakan suhu ban yang masih relatif rendah serta adanya partikel air, debu serta objek lain nya yang menempel di bidang luar kontak ban terhadap permukaan jalan.
Solusinya :

  • kurangi kecepatan agar kita lebih mudah dalam mengendalikan sepeda motor.
  • Pastikan kondisi ban masih dalam kondisi baik serta layak digunakan.
  • Tingkatkan kewaspadaan serta jangan melakukan pengereman mendadak.
  • Selalu jaga jarak aman dengan seluruh objek yang ada disekitar, terutama jarak iring
    dengan kenderaan yang ada di depan.
    2. Situasi : Berkurangnya jarak pandang serta pendengaran kita saat proses berkendara, terutama saat hujan deras serta berlangsung lama.
    Solusinya :
  • Gunakan helm berfitur dengan kaca terang serta pastikan secara keseluruhan masih berfungsi dengan baik.
  • Pastikan seluruh kondisi sepeda motor dalam keadaan prima , terutama bagian kelistrikan seperti lampu yang membantu kita dalam isyarat berkomunikasi dengan kenderaan lain saat di jalan.
  • Sebaiknya pilih jalur rute perjalanan yang sudah kita kenali, jika tidak ada pilihan lain dapat juga dengan cara berpedoman mengikuti rute kenderaan yang ada di depan namun tetap jaga jarak iring aman agar punya waktu yang cukup dalam mengantisipasi sesuatu hal yang tak terduga.

3. Situasi : Terpaan hujan & hembusan angin disertai situasi lalu lintas yang tidak biasa membuat fisik kita perlu tambahan perlengkapan penunjang agar tetap bisa selalu konsentrasi dalam menjalani proses berkendara.
Solusinya :

  • Gunakan jas hujan berwarna cerah dengan model stelan baju celana.
  • Gunakan sarung tangan yang menutupi seluruh jari secara penuh dengan bahan yang nyaman.
  • Lengkapi rain shoes cover ( bungkus pelindung sepatu ) agar kaki kita tetap nyaman selama perjalanan.

Demikian ulasan 3 ( Tiga ) situasi serta solusi yang dapat kita lakukan saat harus berkendara di musim hujan, namun jika kondisi hujan dirasa sudah sangat mengkhawatirkan ( Deras dan Banjir ) demi keselamatan, ada baiknya kita berhenti dahulu sejenak menunggu sampai hujan reda, kalo sudah dirasa sudah cukup aman silahkan untuk melanjutkan perjalanan kembali. #Cari_aman Saat Naik Motor.