Pertamina Launching Program Pengelolaan Sampah dan Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Usaha Bersama di Simeulue

PT. Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Simeulue bersama Human Initiative melaksanakan launching program pengelolaan sampah dan pemberdayaan ekonomi kelompok usaha bersama di desa Sukajaya, Simeulue Timur, Simeulue, Selasa (19/09/ 2023).

Program ini didukung penuh oleh pemerintah dan Muspika Simeulue ditandai dengan hadirnya Camat Simeuleu Timur yang diwakili oleh Sekcam Dahmirus, Kepala Dinas DLH Salmarita, Sekdis Disperindagkop Aidil, Lanal Simeulue Iwan Setiawan, Babinsa Fadli Fauzan, Polri Nofira Arfani dan perangkat desa serta penerima manfaat program.

Kades Sukajaya Amrullah dalam sambutannya menyambut baik program yang akan dilaksanakan oleh Pertamina bersama Human Intiatitive. “Kami sangat menyambut baik program yang akan dilaksanakan di desa kami. Karena itu kita dapat bertemu silaturrahmi hari ini untuk bertemu di launching program,” ujarnya.

Kepala Cabang Human Initiative Apriadi menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya launching program ini. Pihaknya berharap melalui program pengelolaan sampah ini dapat membantu pengelolaan sampah di wilayah sukajaya.

“Kami harap melalui program ini dapat memajukan desa ini. Kami pun berharap pengelolaan sampah dapat terus berlanjut dan dapat terstrukturisasi untuk mengelola sampah. Adapun untuk program KUBE sendiri harapan kita para pelaku usaha UMKM tidak hanya berhenti sampai pemberian gerobak ini tapi juga terus berlanjut dan menghasilkan pendapatan yang stabil,” ujarnya.

Sektretaris Camat Simeulue Timur pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa Permasalahan sampah merupakan permasalah di wilayah ini dikarenakan di sekitar ini rata rata masyarakat adalah sebagai konsumen. Jadi sampah produk semakin meningkat. “Amanah dari camat semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh desa. Desa sukajaya merupakan salah satu desa diwilayah kota, karena itu kebersihan lingkungan harus diperhatikan dengan baik dan patut disyukuri untuk pengelolaan sampah,” tambahnya.

Sekdis Disperindagkop, Aidil dalam sambutannya berterimakasih kepada pihak Pertamina dan Human Initiative atas inisiasinya untuk wilayah simeulue terutama di desa Sukajaya. “Harapan kami semoga pelaku usaha di simeulue dapat lebih aktif dalam berusaha dan mendaftarkan nomor usaha agar legalitasnya lebih jelas,”.

Heldi selaku perwakilan dari Pertamina FT Simeulue menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bukan pertama kalinya program CSR dilaksanakan di Simeulue, sebelumnya telah dilaksanakan program makanan oleh oleh namun belum cukup berhasil. Karena itu melalui program ini kami berharap masyarakat desa Sukajaya tidak hanya berhenti di launching ini tapi juga terus terlaksana dengan baik dan terstruktur untuk pelaksanaan programnya. Ia menjelaskan bahwa Pertamina sendiri memiliki 4 pilar utama yaitu Pemberdayaan Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan dan Lingkungan Hidup. Dan kedua program ini merupakan pilar pemberdayaan ekonomi dan lingkungan hidup.

“Kami harap program ini tidak berhenti disini, karena nantinya tim kami akan mengevaluasi pelaksanaan program yang telah berjalan”

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Simeulue Salmarita mengucapkan banyak terimakasih kepada Pertamina dan HI yang telah melaksanakan program. Pihaknya bersyukur dengan adanya program ini. Banyak perusahaan di Simeulue yang melaksanakan tanggung jawab sosialnya salah satunya Pertamina Simeulue melalui program pengelolaan sampah ini. Permasalah sampah ini sendiri merupakan tanggung jawab bersama. Namun pada kenyataannya wilayah ini masih belum melakukan pemilahan sampah sehingga semua sampah tercampur aduk di TPA, seperti sampah organik dan non organik.

“Oleh karena itu, melalui program ini kita butuh partipasi dari masyarakat untuk memilah sampah. Semoga dengan adanya program ini desa Sukajaya bisa mengelola dan memilah sampah dengan lebih baik dan menjadi desa percontohan untuk daerah lainnya di Simeulue.,” Tutupnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads