Ini dia, Jawara AHM Best Student 2023 Wilayah Aceh

0
85

Lomba Karya Tulis AHM Best Student 2023 kerjasama antara Capella Honda Aceh dengan PT Astra Honda Motor yang digelar sejak Mei-Juli 2023 kini telah sampai ketahapan seleksi Regional.

Untuk wilayah Aceh, proses penjurian telah diselenggarakan secara online dengan melibatkan pimpinan Main Dealer Capella Honda serta bekerjasama dengan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dalam tahap seleksi Regional tersebut.

Proses sosialisasi AHM Best Student 2023 yang dimulai sejak Mei hingga Juli 2022 telah berhasil menarik antusiasme pelajar SMA/sederajat wilayah Aceh hingga berhasil mengumpulkan 34 makalah/karya tulis ilmiah bertema Gen Z Kuat Indonesia Hebat.

Sustainable development goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diusung pada AHMBS 2023 ini merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan kelaparan serta melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 tujuan dan 169 indikator yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

AHMBS 2023 menyaring karya-karya pelajar Aceh yang mengandung salah satu dari 17 tujuan SDGs, dan dari 34 makalah yang masuk ke Main Dealer, akhirnya terpilihkan 10 besar makalah yang masuk dalam babak semi final yang telah diproses seleksi administrasi dan akademis.

Proses penjurian 10 besar finalispun dilakukan melalui zoom pada tanggal 14 Agustus 2023 ini akhirnya mengerucut ke 4 orang pemenang regional kategori Ide dan Invensi.

Pemenang kategori Invensi:
Juara 1, Zahratul Dwi Safrina dari SMA Negeri 7 Banda Aceh.
Tema: Hand and Body Lotion 3in1 dari Ekstrak Herbal Pegagan.

Pemenang kategori Ide:
Juara 1, Keke Gemintang Padang dari SMA Negeri 1 Simpang Kiri Subulussalam.
Tema: G-Tech 1.0: RANCANG BANGUN UI/UX APLIKASI PEMILAH BUAH KOPI GAYO BERBASIS IMAGE PROCESSING

Juara 2, Muhammad Zawil Wafa Al-Hafizh dari SMA Swasta Fatih Bilingual School Banda Aceh.

Tema : REDUKSI KADAR SURFAKTAN DAN FOSFAT PADA LIMBAH CAIR BINATU MENGGUNAKAN MULTI SOIL LAYERING (MSL) BERBASIS LUMPUR BELERANG DARI SUMBER AIR PANAS KRUENG RAYA (ACEH BESAR)

Juara 3, Agustinawati dari SMA Negeri 7 Banda Aceh
Tema : PEMANFAATAN EKSTRAK BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.) DALAM PEMBUATAN BALSAM SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

Para Juri AHMBS 2023 merasa kagum akan akan animo dan kemampuan pelajar Aceh tahun ini yang luar biasa keren dan mampu mengusung unsur SDGs yang diharapkan oleh panitia penyelenggara.

“Harapan kami semoga ide-ide brilian para pelajar ini kelak dapat diteruskan dan bisa menjadi sebuah terobosan besar yang bermanfaat bagi Masyarakat luas, pembangunan dan lingkungan hidup, dan alangkah baiknya jika ide-ide kreatif mereka dapat difasilitasi dan didukung oleh sekolah serta lembaga-lembaga yang berwenang, karena sayang sekali jika ide-ide dari pelajar ini harus berhenti hanya sampai di lomba AHMBS saja,” tutur Yana selaku penyelenggara.

Masing-masing pemenang AHMBS mendapatkan beasiswa dari Capella Honda dan semua peserta yang mengirimkan makalah juga mendapatkan merchandise serta sertifikat dari Capella Honda.

Yuk dukung juara regional AHMBS 2023 ditingkat Nasional yang akan diseleksi kembali di Oktober 2023, semoga jawara AHMBS Aceh kali ini dapat mengharumkan nama Aceh ditingkat Nasional.