Rumah Amal Masjid Jamik USK Adakan Green Qurban 1444 H

0
62

Rumah Amal (RA) Masjid Jamik Universitas Syiah Kuala (USK) kembali melaksanakan program kurban. Proses penyembelihan berlangsung pada hari Sabtu (1/7/2023) di halaman Masjid Jamik Kopelma Darussalam.

Program rutin tahunan ini terselenggara bekerjasama dengan Masjid Salman ITB, Bank Syariah Indonesia KCP Darussalam, BKM Masjid Jamik USK, Mahasiswa Masjid USK, Resimen Mahasiswa, serta UP3AI USK.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua panitia Green Qurban 2023, Dr. Allaily, S,Pt., M.Si., Pengurus Rumah Amal Masjid Jamik USK, dosen, mahasiswa serta masyarakat di lingkungan Universitas Syiah Kuala.

Dr. Allaily, S.Pt., M.Si. selaku ketua panitia Green Qurban menyebutkan bahwa, penerima manfaat kurban berasal dari 13 gampong di sekitar lingkungan USK.

“Rumah Amal Masjid Jamik USK konsisten menerapkan konsep Green Qurban, yaitu konsep kurban yang ramah lingkungan dengan meminimalisir sampah plastik. Pelaksanaan kurban langsung diawasi oleh tim supervisi kesehatan hewan dari Dinas Perternakan Aceh yang bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan. Total hewan kurban berjumlah 20 ekor yang terdiri dari 9 ekor sapi dan 11 ekor kambing dengan total paket daging hewan qurban 470 paket.” Ujar Allaily yang juga merupakan dosen Fakultas Pertanian USK dan Pengurus Rumah Amal USK.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Veteriner Dinas Perternakan Aceh, Drh. Ruhaty, menyambut baik pelaksanaan kurban yang dilaksanakan dengan pengawasan ketat oleh tim kesehatan hewan USK dan Dinas Perternakan Aceh.

“Alhamdulillah hewan yang kita qurbankan sudah terseleksi dan aman dari penyakit mulut dan kuku, Insyallah menjadi halalan dan thaiban bagi kita untuk dikonsumsi” ujarnya.

Tedy Kurniawan Bakri, M. Farm., Apt. selaku Direktur Rumah Amal USK, berterima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan Green Qurban baik dari pihak civitas akademik kampus USK serta masyarakat yang terlibat, khususnya para shohibul qurban yang telah mempercayakan qurban nya ke Rumah Amal Masjid Jamik USK.