Sahuti Keluhan Layanan Air Bersih, Ketua DPRK Ajak Dinas Terkait Turun Langsung ke Lampulo

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar mengajak Perumdam Tirta Daroy dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banda Aceh untuk membenahi jaringan instalasi air bersih di Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Rabu (07/06/2023).

Hal tersebut dilakukan Farid Nyak Umar usai mendapatkan keluhan warga Gampong Lampulo, terkait terputusnya pasokan air bersih ke daerah itu . Politisi PKS itu ikut turun mengecek langsung ke lokasi dan ikut mengajak serta pihak Perumdam Tirta Daroy dan Dinas PUPR Kota Banda Aceh.

Farid Nyak Umar mengatakan kunjungan itu dilakukan menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada dirinya oleh Keuchik dan masyarakat Gampong Lampulo.

Untuk jangka pendek, Farid meminta pihak Perumdam Tirta Daroy dan Dinas PUPR segera membenahi jaringan pipa di Jalan Kenari, Jalan Beringin I dan Jalan Beringin II serta Kompleks Perikanan Lampulo. Sedangkan untuk jangka panjang, Pemko diminta segera melakukan kajian, pemetaan serta langkah riil agar masalah klasik terkait air bersih di kawasan Lampulo dapat diselesaikan secara bertahap.

“Kami sangat mengapresiasi gerak cepat dari Perumdam Tirta Daroy dan Dinas PUPR. Karena itu perlu ada langkah nyata untuk menuntaskan masalah air bersih di Gampong Lampulo, sebab sangat sering saya menerima keluhan yang disampaikan oleh warga kepada saya,” kata Farid.

Keuchik Lampulo Alta Zaini mengatakan keluhan warga terkait persoalan air bersih selama ini tidak pernah selesai dari tahun ke tahun. Sejauh ini telah disampaikan kepada pihak Perumdam Tirta Daroy namun persoalan tersebut tidak kunjung selesai.

“Alhamdulillah saya lapor ke Pak Farid, hari ini langsung disahuti dan langsung turun ke lapangan menjumpai warga melihat persoalan yang dialami warga,” kata Alta Zaini.

Dia juga berterima kasih sekali kepada Ketua DPRK yang telah menyahuti keinginan masyarakat, begitu juga Ketua DPRK maupun pihak PDAM sudah mendengar langsung paparan dari masyarakat terkait persoalan yang dikeluhkan selama ini.

“Kita tidak muluk-muluk, masyarakat ada air itu saja, masalah teknis pergantian pipa itu kita serahkan kepada PDAM, intinya saya berharap masyarakat disini ada air bersih,” ujarnya.

Sementara Direktur Teknik Perumdam Tirta Daroy Irwandi mengatakan  bahwa Gampong Lampulo ini berada di titik ujung pelayanan Perumdam Tirta Daroy, sehingga di saat ada masalah pada instalasi jaringan pipa atau pipa bocor untuk proses normalisasinya butuh waktu yang lama.

“Kenapa ini lama, karena Gampong Lampulo berasa di ujung, kemudian ada juga kawasan yang diameter pipanya masih kecil,” kata Irwandi usai mengecek sejumlah pipa di daerah itu.

Irwandi menambahkan hari ini sudah melihat langsung ke lokasi bersama Ketua DPRK dan pihak Dinas PUPR, dimana masih banyak pipa jaringan air ke Lampulo tergolong kecil.

“Tadi kita sudah koordinasi dengan pihak PUPR dan ada pipa-pipa yang akan segera diganti, tujuannya agar warga bisa memperoleh distribusi air secara maksimal,” ujar Irwandi.

Sementara Budi Kurnia dari Dinas PUPR menyampaikan bahwa beberapa jaringan pemipaan akan dilakukan pergantian agar tekanan airnya semakin kuat. Pihaknya sesuai arahan Ketua DPRK, akan segera melakukan kalkulasi kebutuhan jaringan baru di kawasan tersebut seperti untuk Jalan Kenari, Jalan Beringin I dan Jalan Beringin II, serta di Kompleks Perikanan Lampulo.

“Untuk pergantian pipa di Jalan Kenari ini sudah kita masukkan dalam kami pada tahun 2023 ini, mudahan-mudahan bisa direalisasikan dalam beberapa bulan ke depan,” tutur Budi Kurnia.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut aparatur Gampong Lampulo, para Kadus, Ketua Pemuda, serta tim teknis dari Perumdam Tirta Daroy.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads