UIN Ar-Raniry Wisuda 702 Lulusan Termasuk Mahasiswa Asing

Sebanyak 702 lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti prosesi Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2022/2023 di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh, Rabu (31/5/2023).

Secara rinci lulusan itu terdiri 7 lulusan Doktor, 31 lulusan Magister dan 664 lulusan sarjana strata satu. Sementara tercatat, 8 lulusan dari luar negeri yaitu dari Negara Malaysia.

Dalam amanatnya Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg mengucapkan selamat kepada para lulusan dan orang tua wisudawan dan berpesan kepada para alumni agar senantiasa menjaga dan mengharumkan nama baik almamater, serta berkiprah sebagai duta dan mitra untuk kemajuan universitas di masa depan.

“Salah satu program yang akan kita jalankan tahun ini yang perlu dukungan dan partisipasi alumni melalui program Islamic Trust Fund (ITR). Lembaga ini merupakan transformasi tata kelola dari lembaga Bazis sebelumnya,” kata Rektor dalam sambutannya, Rabu (31/5).

Di hadapan ratusan wisudawan, Rektor mengungkapkan bahwa keberadaan lembaga ini ke depan diharapkan dapat menyelesaikan dan membantu berbagai permasalahan biaya yang dihadapi para mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Mujib berharap melalui lembaga ini ke depan tidak kita dengar lagi ada mahasiswa yang berhenti kuliah karena tidak sanggup membayar SPP/UKT dan tidak mampu melanjutkan kuliah dan pulang kampung karena tidak sanggup membayar uang kos.

“Semua persoalan tersebut nantinya akan ditangani dan menjadi tanggung jawab lembaga yang mulia ini. Untuk itu mohon dukungan bantuan sedekah, hibah, waqaf dari para alumni agar lembaga ini ke depan memiliki dana abadi ummat yang banyak untuk membantu mahasiswa kita yang kurang mampu,” ungkap Prof Mujib.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Ar-Raniry Banda Aceh Muhammad Yasir Yusuf melaporkan dengan bertambahnya jumlah lulusan UIN Ar-Raniry pada gelombang ini, maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh sampai saat ini berjumlah 53.228 lulusan.

Lebih lanjut, Muhammad Yasir menjelaskan bahwa dari 702 wisudawan, 145 orang di antaranya lulus Cum Laude, 219 lulusan dengan predikat Pujian, 312 lulusan dengan predikat Sangat Baik dan 26 orang lulus dengan predikat Baik.

Selanjutnya, secara rinci pada Wisuda Gelombang II tahun 2023 ini UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meluluskan 7 orang Program Doktor dan 31 orang Program Magister.

Sementara, Fakultas Syari’ah dan Hukum meluluskan 144 lulusan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan meluluskan 181 lulusan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat meluluskan 58 lulusan dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi meluluskan 40 lulusan.

Kemudian, Fakultas Adab dan Humaniora meluluskan 29 lulusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam meluluskan 120 lulusan, Fakultas Sains dan Teknologi meluluskan 62 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan meluluskan 18 lulusan dan Fakultas Psikologi meluluskan 12 lulusan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads