Banda Aceh Ikrarkan Pemilu 2024 Bermartabat

0
77

Ribuan warga Kota Banda Aceh dan ratusan pedagang home industry menghadiri dan meramaikan Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan H Daud Beureuah Banda Aceh, Minggu (5/3/2023).

Acara CFD kali ini juga dilaksanakan Ikrar Pemilu 2024 yang bermartabat, aman, damai dan sejuk yang diikrarkan Bersama oleh Forkopimda Banda Aceh, KIP Kota Banda Aceh beserta PPK dan PPS, Panwaslih Kota Banda Aceh beserta Panwascam dan Para Ketua 24 Partai Politik Nasional dan Lokal peserta Pemilu 2024.

CFD yang diawali dengan Senam Jantung Sehat yang dipandu oleh instruktur dari Yayasan Jantung Indonesia Provinsi Aceh. Ribuan masyarakat ikut serta dan berbaur dengan Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol. Fahmi Irawan Ramli, Kajari Kota Banda Aceh Edi Ermawan, Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh R.Hendrial, Ketua KIP Banda Aceh Indra Milwady dan Ketua Panwaslih Kota Banda Aceh Afrida, serta Asisten Pemerintahan Banda Aceh, Bachtiar yang mewakili Pj. Walikota Banda Aceh yang sedang tugas di Jakarta.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, SH, SIK, M.Si mengatakan bahwa kegiatan yang diinisiasi oleh pihaknya ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat tentang Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang bisa aman, damai dan sejuk.

“Kegiatan ini bertujuan agar peserta Pemilu dan pemilih saling bersinergi pada penyelenggaraan pemilu dapat berjalan dengan aman, damai, dan sejuk,” ujar Fahmi Irwan Nampi

Selain itu kegiatan senam sehat ini juga untuk mengajak semua masyarakat dapat berpartisipasi dalam Pemilu. Sebelumnya target partisipasi masyarakat hanya 70 persen, maka dengan kegiatan ini diharapkan dapat bertambah menjadi 90 persen.

Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Kepolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli SH, SIK, M.Si dan jajarannya. Ketua DPRK mengajak warga Kota Banda Aceh untuk sama-sama mewujudkan pemilu yang berkualitas sehingga terwujud pula demokrasi yang bermartabat.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pak Kapolresta dengan menggandeng Forkopimda dan penyelenggara pemilu dalam Car Free Day hari ini. Dalam suasana yang rileks dan santai sambil berolahraga, kita membangun komitmen untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas di Kota Banda Aceh,” ujar Farid Nyak Umar.

Sementara itu, Ketua KIP Kota Banda Aceh, Indra Milwady mengatakan kegiatan yang diinisiasi oleh Kapolresta dengan mengumpulkan semua pihak ini, merupakan bentuk dukungan kongkrit Forkopimda agar Pemilu 2024 terselenggaranya dengan lancar dan damai.

“Ini juga mencerminkan bahwa pemilu bisa dilakukan dengan sehat, santai dan damai, bahwa pemilu bukan kegiatan yang mengerikan,” kata Indra.

Berkah bagi Pedagang UMKM
Kadispora Banda Aceh, Reza Kamilin, S.STP menyatakan pelaksanaan CFD selama ini, selain mengurangi emisi kendaraan di Kota Banda Aceh pada setiap Hari Minggu nya, jalanan yang lengang ini dimanfaatkan oleh pihaknya dengan memfasilitasi masyarakat berolahraga, bersilaturrahmi dan lapak potensial bagi UMKM.

Ribuan masyarakat yang setiap minggunya hadir di CFD yang tentunya merupakan pasar potensial bagi ratusan UMKM yang berjualan di CFD.

“Alhamdulillah, ratusan UMKM berjualan secara gratis setiap minggunya di CFD. Omsetnya dalam waktu 3 jam CFD bisa mencapai 6 juta. Ini luar biasa “ jelas Reza Kamilin.

Ia menambahkan Minggu ini jumlah pengunjung CFD meningkat, karena adanya kegiatan Forkopimda yang melaksanakan Ikrar Pemilu 2024 yang bermartabat , Yayasan Jantung Indonesia juga memperingati HUTnya serta juga ada peringatan World Hearing Day di CFD.