Empat Tahun Gagal Ditangan Aminullah, Banda Aceh Kembali Raih Piala Adipura

Setelah empat tahun gagal meraih Piala Adipura dibawah kepemimpinan Aminullah Usman, Pemerintah Kota Banda Aceh kembali membawa pulang Piala Adipura 2022.

Kali terakhir, penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup, kebersihan, dan pengelolaan sampah itu diraih Banda Aceh pada 2017 silam.

Piala Adipura 2022 kategori kota sedang untuk Ibukota Provinsi Aceh tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya kepada Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq di Jakarta, Selasa (28/02/ 2023).

Tahun lalu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali melakukan penilaian terhadap kabupaten/kota di bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Ada lima kategori penilaiannya, yaitu untuk kota kecil, sedang, besar, metropolitan, dan Adipura Kencana.

Jika sebelumnya penilaian Adipura hanya fokus pada kebersihan dan penataan ruang di area perkotaan, kali ini lebih fokus pada pengelolaan penanganan dan pengurangan sampah sebagaimana telah tertuang dalam kebijakan strategi daerah (jakstrada).

Usai menerima penghargaan, Bakri Siddiq mengatakan Piala Adipura merupakan wujud konsistensi dan komitmen seluruh elemen Kota Banda Aceh mulai dari warganya, para pemangku kepentingan, hingga pasukan orange DLHK3 dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota yang berkelanjutan.

“Alhamdulillah, melalui sosialisasi yang masif, kita berhasil membentuk sebuah sistem dari hulu ke hilir, di mana peran serta masyarakat di gampong sebagai ujung tombak dalam menjaga kebersihan, terutama pengelolaan sampah adalah modal utama dalam meraih penghargaan bergengsi ini,” ujarnya.

Menurutnya, Adipura merupakan sebuah prestasi menggembirakan bagi setiap kota di Indonesia. “Bukan hanya prestasi saja, Adipura juga menjadi prestise dan lambang kesuksesan -dambaan setiap kota di Indonesia,” ujarnya yang pada kesempatan itu turut didampingi oleh Kepala DLHK3 Banda Aceh Hamdani Basyah.

“Piala Adipura ini kami dedikasikan bagi seluruh masyarakat Kota Banda Aceh, yang telah turut berpartisipasi dalam mewujudkan Banda Aceh bersih, indah, dan nyaman,” katanya pada acara penganugerahan Adipura yang dirangkai dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 di Gedung Manggala Wanabakti.

Rencanya, Rabu, 1 Maret 2023, Piala Adipura dibawa pulang ke Banda Aceh. “Besok pagi, dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Piala Adipura akan kita arak keliling kota dan finish di Lapangan Taman Sari untuk berbagi kebahagiaan dengan seluruh masyarakat,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads