Jelang SNBT, 4.600 Siswa SMA/SMK se Banda Aceh dan Aceh Besar Ikut Try Out

Menjelang berlangsungnya Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023, sebanyak 4.600 siswa-siswi kelas XII SMA dan SMK se Banda Aceh dan Aceh Besar mengikuti try out di sekolah masing-masing, Jumat (17/2/2023).

Kegiatan yang digelar oleh MKKS SMA Banda Aceh dan Aceh Besar tersebut langsung di monitoring dan di pantau oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri, MM bersama para Kabidnya. Ikut pula Kacabdin Wilayah Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Syarwan Joni, S.Pd M.Pd, Ketua dan Anggota MKKS Banda Aceh dan MKKS Aceh Besar serta pengurus MKKS.

“Try out dengan sistim Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ini dikuti oleh sekitar 4.600 siswa-siswi dari 70 SMA dan SMK di wilayah Cabang Dinas Pendidikan wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Adapun rinciannya 41 sekolah di Aceh Besar dan Banda Aceh 29 sekolah,”kata Ketua Panitia, Azhar Anas, ST.

Ketua MKSS SMA Kota Banda Aceh, Zulfikar SE MSi menjelaskan try out bertajuk “Bina Talenta” ini merupakan program tahunan yang telah dirintis semenjak 3 tahun yang lalu.

Hari ini merupakan pelaksanaan kali kedua dari tiga kali yang direncanakan tahun 2003. Adapun try out terakhir akan dilaksanakan pada Maret sebelum siswa kelas XII memasuki masa ujian sekolah.

“Try out ini sebagai miniatur pelaksanaan SNBT yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi seluruh Indonesia pada bulan Juni 2023 mendatang. Kita buat semirip mungkin dengan SNBT terbaru diantaranya Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Literasi (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) serta penalaran matematika,” kata Zulfikar.

Sementara itu Kadis Pendidikan Aceh, Drs Alhudri, MM di sela-sela monitoringnya mengatakan try out tersebut dimaksudkan untuk membekali para siswa dalam uji coba kemampuannya mengikuti tes masuk Perguruan Tinggi dengan sistim SNBT. Dengan demikian diharapkan akan banyak para siswa dari Aceh yang lulus dan diterima pada PT baik di daerah, nasional bahkan Internasional.

“Saya yakin anak-anak Aceh ini hebat dan juga pintar, seperti contoh baru-baru ini siswa dari SMA Negeri 7 Banda Aceh dan SMA 1 Ingin jaya berhasil mendapatkan medali pada event di Bangkok, Thailand,” kata Alhudri.

Ia menambahkan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, Dinas Pendidikan Aceh terus melaksanakan pelatihan bagi guru-guru. Sehingga motivasi guru akan meningkat dalam memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas bagi peserta didik.

“Kami berharap try out ini dapat dilaksanakan di seluruh wilayah Aceh melalui MKKS Kabupaten/Kota sampai ke pelosok juga. Sehingga anak-anak Aceh akan lebih siap dalam menghadapi dan mengikuti test berbasis komputer atau UNBT,” pungkas Alhudri.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads