UIN Ar-Raniry Terima 6.185 Mahasiswa Baru

0
106

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh akan menerima 6.185 mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 melalui lima jalur seleksi yaitu jalur prestasi akademik melalui SPAN PTKIN dan SNBP, jalur ujian melalui UM-PTKIN, UTBK-SNBT dan seleksi mandiri PMB Lokal.

“Pada tahun 2023, berdasarkan SK Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan menerima 6.185 calon mahasiswa melalui lima jalur, baik dari jalur seleksi dibawah Kementerian Agama, Kemendikbudristek dan terakhir PMB Lokal ,”kata Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr Muhammad Yasir Yusuf MA dalam keterangan tertulis, Jum’at (27/1/2023).

Lebih lanjut, Yasir merincikan untuk jalur seleksi dibawah Kementerian Agama yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Sementara di bawah Kemenristekdikti ada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Test atau UTBK-SNBT.

“Dari 6.185 daya tampung UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 45 % akan diterima melalui jalur SPAN, 40 % melalui SNBP, 30 % UM PTKIN, 40 % dari SNBT dan terakhir dari jalur PMB Lokal 25 %,”terang Yasir.

Untuk tahapan dan jadwal pendaftaran semua jalur tersebut dapat dilihat pada brosur atau pengumuman pada website dan laman resmi UIN Ar-Raniry, https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/ atau call center 0823 7034 0228 dan 0823 7080 4528.

UIN Buka 28 Prodi di SPAN PTKIN

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik Biro AAKK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Fadhli MPd menjelaskan bahwa melalui Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) tahun2023 telah resmi dibuka.

Untuk jalur SPAN PTKIN tahun 2023 saat ini sudah dimulai tahapannya. Dimulai dengan Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang berlangsung 17 Januari 2023 hingga 13 Februari 2023.

“PDSS ini diisi oleh pihak sekolah atau madrasah sampai nantinya siswa mendapatkan username dan password untuk kemudian mendaftar secara mandiri, pendaftaran jalur SPAN PTKIN dimulai tanggal 16 Februari hingga 4 Maret 2023 mendatang,”jelasnya.

Pada jalur ini, kata Fadhli UIN Ar-Raniry Banda Aceh Menawarkan 28 Program Studi di antaranya sebagai berikut:

  1. Fakultas Syariah dan Hukum : Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Pidana Islam, Hukum Keluarga, Perbandingan Mazhab dan Hukum dan Hukum Tatanegara.
  2. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan : Prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Guru Madrasah, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  3. Fakultas Dakwah dan Komunikasi : Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Manajemen Dakwah, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan Konseling Islam.
  4. Fakultas Adab dan Humaniora : Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam dan Bahasa dan Sastra Arab.
  5. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat : Prodi Aqidah Dan Filsafat Islam, Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir, Studi Agama-Agama, Sosiologi Agama dan Ilmu Hadis.
  6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam : Prodi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syari`ah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.