Wisuda 1.939 Lulusan, UIN Ar-Raniry Launching Satgas Hisbah Ar-Raniry

0
18

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 1.939 wisudawan program pascasarjana dan sarjana pada Rapat Senat Terbuka Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 24-26 Januari 2023 yang dilaksanakan secara daring dan luring.

Tercatat, sebanyak 1.939 lulusan berhasil menyelesaikan studi pada wisuda gelombang pertama tahun 2023. Dari jumlah wisudawan tersebut, 43 di antaranya berhasil lulus dengan predikat Cum Laude. Sementara 794 orang dengan predikat pujian, 1003 orang dengan predikat sangat baik dan 99 orang lulus dengan predikat baik.

Pada prosesi wisuda hari pertama juga dilakukan launching Satgas Hisbah Ar-Raniry Banda Aceh berlangsung di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh, Selasa (24/1/2023).

Kehadiran Satgas Hisbah Ar-Raniry sebagai bentuk ikhtiar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan memiliki budi pekerti yang luhur.

Oleh karena itu, untuk cita-cita yang mulia ini Satgas Hisbah Ar-Raniry hadir dan bertanggungjawab untuk mewujudkan masyarakat yang shalih, moderat, humanis dan Unggul.

Dalam amanatnya, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan dan berpesan kepada para alumni agar terus berkarya di tengah masyarakat dan menjaga nama baik almamater.

“Jadilah Anda sebagai alumni sejati yang senantiasa menjaga, mengharumkan nama baik almamater serta berkiprah sebagai duta dan mitra untuk kemajuan universitas di masa depan,”kata Mujib, Selasa (24/1/2022).

Rektor berharap kehadiran mereka bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya dalam dunia kerja. Mengingat saat ini persaingan dunia kerja semakin kompetitif. Oleh karena itu, lulusan UIN Ar-Raniry Banda Aceh harus tampil sebagai motor penggerak perubahan di tengah masyarakat dan menjadi lulusan yang berkualitas serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman terutama perkembangan teknologi dan informasi.

“Ke depan Aceh secara khusus dan Indonesia secara umum membutuhkan orang-orang yang cerdas dan bijak sebagai tenaga kerja yang profesional dan berkarakter untuk membangun dan memajukan negeri ini, anda alumni UIN merupakan bagian dari orang-orang cerdas dan bijak tersebut,”ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Muhammad Yasir Yusuf MA dalam laporannya menyebutkan pada rapat senat terbuka wisuda doktor, magister dan sarjana Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 berhasil meluluskan 1939 lulusan, terdiri dari 21 orang lulusan Program Doktor, 41 lulusan Program Magister dan 1877 orang lulusan Program Sarjana.

Lebih lanjut, Muhammad Yasir merincikan bahwa pada semester ini Fakultas Syari’ah dan Hukum 305 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 687 orang, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 69 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 160 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 137 orang.

Kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 212 orang, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 121 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan 102 orang, dan Fakultas Psikologi sebanyak 84 orang.

“Dengan bertambahnya 21 lulusan Doktor, 41 lulusan Magister, 1877 lulusan sarjana strata satu, maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh sampai saat ini berjumlah 52532 lulusan,”kata Muhammad Yasir.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga memberikan penghargaan (bungong jaroe) kepada 51 lulusan terbaik perwakilan dari setiap program studi serta para aktivis mahasiswa berprestasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.