SIWO PWI Aceh Seleksi Atlet Porwanas 2022

Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh menyeleksi atlet dari kalangan jurnalis yang akan diikutsertakan sebagai Kontingen PWI Aceh pada Pekan Olahraga Nasional (Porwanas) ke-13 di Malang, Jawa Timur, 21-27 November 2022.

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin menjelaskan, seleksi dijadwalkan dua hari, 24-25 September 2022, di Banda Aceh.

“Kesempatan mengikuti seleksi dibuka seluas-luasnya bagi kalangan wartawan Anggota Biasa PWI di seluruh Aceh,” kata Nasir didampingi
Ketua SIWO PWI Aceh, Imran Thaib.

Imran merincikan, terdapat 10 cabang olahraga (cabor) yang akan diseleksi, yaitu atletik kategori lari 3.000 meter untuk usia 40 tahun ke atas dan lari 5.000 meter untuk usia 27 tahun ke atas.

Selain itu, juga akan diseleksi atlet bulutangkis, tenis lapangan, dan tenis meja kategori perorangan ganda usia 27 tahun ke atas dan perorangan ganda usia 40 tahun ke atas. Olahraga beregu lainnya yang diseleksi yaitu futsal usia 40 tahun ke atas.

“SIWO juga menyeleksi atlet untuk cabang biliar, bridge, dan catur. Dua lainnya yakni keterampilan jurnalistik berupa Lomba Karya Jurnalistik dan Lomba Foto Jurnalistik,” kata Imran.

Dikatakannya, seleksi dilakukan untuk mempersiapkan atlet yang akan diikutsertakan pada Porwanas ke-13 pada 21-27 November 2022 di Malang, Jawa Timur.

Usai seleksi, para atlet akan memasuki pemusatan latihan yang rencananya juga dilaksanakan di Banda Aceh.

“Proses seleksi akan dipantau langsung oleh pemandu bakat atau pelatih dari pengprov masing-masing cabor,” tandas Imran Thaib dibenarkan Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin.

Hasil seleksi, kata Imran akan direkomendasikan oleh pananggung jawab kepada SIWO PWI Aceh.

Penanggung jawab dan panitia seleksi hanya berkewajiban menyusun jadwal, tempat pelaksanaan seleksi, dan kebutuhan peralatan seleksi.

“Jadi, kami harapkan seluruh atlet sudah bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi nanti,” ujar Imran.

Mendaftar di kabupaten/kota

Menurut Ketua SIWO PWI Aceh, bagi Anggota Biasa PWI yang memegang kartu kompetensi dan memiliki talenta dalam cabor yang akan diikuti pada Porwanas, bisa mendaftarkan diri pada PWI kabupaten/kota masing-masing.

Sebab, panitia hanya menerima nama-nama peserta yang dikirimkan oleh PWI Kabupaten/Kota melalui surat rekomendasi Ketua PWI Kabupaten/Kota. Sedangkan khusus yang berada di wilayah Banda Aceh, bisa mendaftarkan diri langsung ke Kantor PWI Aceh.

Surat rekomendasi dari PWI Kabupaten/Kota yang berisi nama-nama peserta dan cabor yang diseleksi sudah diterima oleh PWI Aceh paling lambat 22 September 2022.

“Penjelasan mengenai mekanisme seleksi Porwanas dan jadwal seleksi per cabor, akan dilaksanakan pada 23 September 2022, pukul 16.00 WIB, di Kantor PWI Aceh,” imbuh Imran.

Serius

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin menambahkan, pihaknya serius mempersiapkan atlet yang akan dikirim ke Porwanas 2022 di Jatim.

“Ini menyangkut marwah dan nama baik Aceh, maka kita harus lakukan yang terbaik. Ini juga bentuk pertanggungjawaban publik PWI Aceh untuk menoreh prestasi olahraga bagi kalangan wartawan. Porwanas adalah ajang membuktikan prestasi,” demikian Ketua PWI Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini