4 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Waspada Ya!

BAGI kalian yang mobilnya mengeluarkan asap berwarna putih harus waspada, pasalnya itu menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada mobil. Apalagi jika itu disertai dengan gejala lainnya seperti bau gosong, suhu mobil cepat panas, dan lain-lain.

Jika hal seperti ini dijumpai, maka siap-siap menggali kocek lebih dalam untuk biaya perbaikan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa kemungkinan penyebab asap putih tebal yang keluar dari knalpot yang patut dicermati, berikut paparannya, melansir dari blog Auto2000.

1. Oli bocor ke ruang pembakaran

Oli bocor ke ruang bakar menjadi salah satu penyebab mobil mengeluarkan asap putih dari knalpot. Ada beberapa penyebab oli bocor ke ruang bakar. Bisa disebabkan oleh gasket bocor, klep bocor, silinder mesin aus, atau ada retakan di dinding silinder.

Hal ini sebenarnya bukan hanya membuat mobil mengeluarkan asap putih tebal dari knalpot, tapi juga masalah lain seperti mesin menjadi susah dihidupkan. Jika masalah ini terjadi, maka jangan membiarkannya berlarut terlalu lama.

2. Air pendingin bocor

Air pendingin yang bocor ke ruang bakar atau sistem exhaust juga bisa menghasilkan asap putih. Kebocoran air pendingin bisa dipicu oleh retakan di dinding silinder. Selain asap putih, air pendingin bovor juga dapat menyebabkan suhu mesin naik.

3. Terdapat sisa air di knalpot

Knalpot mobil juga bisa membuat genangan air terperangkap di dalamnya. Kalau hal ini terjadi, maka tetesan air yang terperangkap akan menguap dikarenakan gas buang. hasil penguapan akan berbentuk asap yang sedikit berwarna putih.

Untuk masalah ini, biasanya hanya berlangsung sebentar saja. Kalau genangan air di dalam knalpot sudah habis, maka asap putih akan hilang dengan sendirinya.

Namun jangan biarkan air selalu masuk ke dalam knalpot karena bisa membuat pipa pembuangan itu cepat keropos.

4. Pengembunan gas buang

Mobil dengan sistem pembakaran yang sempurna dan lancar tidak akan mendapatkan masalah asap putih dari knalpot. Ketika teknologi bergerak maju, campuran udara dan bahan bakar menjadi satu bagian penting.

Kondisi ini akan membuat pembakaran menjadi lebih sempurna. Namun tak jarang ditemukan air bening tanpa asap keluar dari knalpot.

Tapi tidak perlu khawatir karena itu artinya mesin mobil masih dalam keadaan yang tidak terlalu membahayakan.

Sumber: Okezone.com

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads