Awali Pembukaan PBAK 2022, Rektor UIN Ar-Raniry Pimpin Zikir

0
23

Sebanyak 3.900 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti Pengelanan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan tahun 2022, mengawali sambutan Rektor, Prof Dr Mujiburrahman, MAg memimpin zikir yang diikuti oleh ribuan peserta dan panitia PBAK serta tamu undangan yang hadir.

Pembukaan PBAK tahun 2022 yang berlangsung di Lapangan Bola Kaki kampus UIN Ar-Raniry Kopelma Darussalam Banda Aceh, Kamis (25/8/2022). Diawal sambutannya, Rektor Mujiburrahman mengajak seluruh mahasiswa dan undangan untuk berzikir kepada Allah yang dipimpin langsung oleh Rektor.

“Sebelum kita mulai acara PBAK tahun 2022 ini kita akan melakukan zikir, kita serahkan seluruh prosesi hari ini kepada Allah, hanya Allah dzat yang bisa membantu kelancaran aktivitas PBAK kita pada hari ini, kita berdoa kepada Allah,” ucapnya dihadapan ribuan mahasiswa baru.

Rektor mengajak peserta untuk mengikuti zikir yang dipimpinnya, posisi zikir pertama membaca surah Fatihah yang pahalanya diniatkan kepada Rasulullah Muhammad Sallallahu’alaihi Wasallam, Surah Fatihah kedua diniatkan kepada Sahabat Maulana Syech dan Surah Fatihah ketiga diniatkan untuk kesuksesan kegiatan PBAK yang sedang berlangsung tersebut.

“Kita Berdoa kepada Alllah, nanti ikuti zikir yang saya pimpin, zikir ini kita akan membaca surah Fatihan tiga kali, Fatihah pertama kita sampaikan kepada Rasulullah Saw, Fatihah kedua kita sampaikan kepada para sahabat dan maulana Syech, Fatihah ketiga kita niatkan untuk kesuksesan kegiatan kita pada hari ini, kemuadian setelah saya membaca Fazkuruni Azkurkum, semua kita membaca Allah Allah Allah, kemudian dalam hati berniat semoga Allah sukseskan kegiatan kita pada hari ini serta dihindari dari semua fitnah dan bencana”.

Selanjutnya Mujiburrahman memulai zikir dengan lafaz Ilana Hadhratin Nabiyyil Mushthafaa Muhammadin Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, Alfatihah. Rektor memimpin langsung pembacaan Surah Fatihah sebanyak tiga kali yang diniat kepada Nabi Muhammad, para sahabat dan untuk kesuksesan kegiatan PBAK tahun 2022. Dilanjutkan dengan zikir bersama.

Dalam sambutannya, Rektor Mujiburrahman menyampaikan bahwa PBAK ini merupakan proses kegiatan pengenalan budaya akademik untuk mengenali bagaimana suasana perkuliahan ditingkat Perguruan Tinggi atau universitas, salah satu tujuan dari kegiatan ini agar mahasiswa mampu memahami tentang norma-norma akademik dan sistem yang berlaku pada kampus, khususnya di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ia mengingatkan kepada mahasiswa baru agar serius dan fokus pada perkuliahan dan pandai mempergunakan waktu dan kesempatan yang ada, sebab saat ini masih banyak para lulusan sekolah tingkat menengah atau madrasah yang tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya pada jenjang Perguruan Tinggi.

“Kami ingatkan kepada mahasiswa baru untuk fokus pada pendidikan di kampus, jangan sia-siakan waktu dan kesempatan, apalagi terjerumus dalam dunia gelap atau penyalahgunaan narkoba, ini sangat merugikan, baik diri sendiri, orang tua, keluarga bahkan bangsa dan Negara,” kata Mujib.
Lebih lanjut kata Rektor, orang yang kecanduan narkoba dipastikan tidak bisa sehat kembali, maka diingatkan jangan pernah sekali-kali untuk mencoba barang haram itu. Salah satu materi yang disampaikan pada PBAK ini adalah tentang bahaya narkoba, yang disampaikan langsung oleh AKBP Werdha Susetyo, SE dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh.

“Kami berharap agar mahasiswa baru UIN Ar-Raniry dapat kuliah dengan serius guna memajukan negeri dan mencerdaskan generasi masa depan, selamat datang mahasiswa baru yang telah memilih UIN Ar-Raniry sebagai tempat menimba ilmu dan belajarlah dengan sunguh-sunguh,” Prof Mujib.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Prof Dr Saifullah Idris, MAg menyebutkan, pada tahun 2022 ini jumlah peserta yang mengikuti PBAK sebanyak 3.900 orang, kegiatan akan berlangsung selama tiga hari.

Dijelaskan, selama tiga hari tersebut, pada hari pertama dilakukan pembukaan dan pengenalan tentang akademik secara umum dan ditambah dengan materi bahaya narkoba dari pihak BNN Aceh. Pada hari kedua diserahkan kepada panitia ditingkat fakultas untuk pengenalan kampus masing-masing.

Selanjutnya kata Warek III, pada hari ketiga para mahasiswa baru tersebut diberikan materi lebih spesifik tingkat program studi, dan pada sorenya dikembalikan kepada panitia tingkat universitas untuk dilaksanakan penutupan kegiatan PBAK 2022.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.