Hayatullah Pasee, Koordinator FAMe Periode 2022-2027

0
23

Tepat pada 16 Agustus 2022, usia Forum Aceh Menulis (FAMe) berusia lima tahun. Pada momentum ulang tahun kelima tersebut, FAMe juga memilih koordinator baru. Koordinator FAMe baru dipercayakan kepada Hayatullah Pasee (periode 2022-2027), seorang penulis muda yang selama ini aktif di FAMe.

Pemilihan koordinator baru berdasarkan hasil musyawarah antara pengurus lama dengan Pembina FAMe, Yarmen Dinamika. Penunjukan koordinator baru sebagai bentuk kaderisasi atau penyegaran di kepengurusan FAMe.

“Ketika ada pemilihan koordinator baru di FAMe, artinya regenerasi kaderisasi berjalan dengan baik walaupun kita tak ada belajar ilmu kepemimpinan tapi kita bisa melahirkan pemimpin,” ujar Yarmen Dinamika dalam sambutannya pada Family Gathering sekaligus merayakan hari jadi ke-5 FAMe, Sabtu (20/8/2022) di Pantai Cemara, Kajhu, Aceh Besar.

Pada kesempatan itu juga, Yarmen menceritakan kilas balik lahirnya FAMe. Awalnya dari Forum Barsela Menulis (FBM). Seiring berjalannya waktu, anggotanya semakin ramai dari kabupaten/kota lain di Aceh. Kemudian diperluas dan disepakati diubah namanya menjadi Forum Aceh Menulis.

“Alhamdulillah, FAMe selama ini mendapatkan panggung yang cukup baik di mata banyak kalangan, baik pemerintah maupun swasta. Selama ini kita sudah kerja sama dengan instansi seperti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, universitas, dan dan beberapa lembaga lainnya. Saya juga beberapa kali diundang mengempanyekan linterasi atas nama FAMe,” ungkapnya.

Ia menambahkan, FAMe memiliki cita-cita menjadikan masyarakat Aceh jauh dari hoaks dan menjadi provinsi yang melek literasi untuk generasi muda. Saat ini jumlah anggota FAMe di delapan cabang mencapai 2.000 orang. Hampir rata-rata mereka berlatar belakang menulis.

Yarmen juga mengingatkan kepada koordinator baru agar dapat mengaktifkan kembali kelas FAMe yang selama ini vacum akibat Covid-19. Selain itu mempekuat silaturahmi, dan membangun kerjasama.

“Yang tak kalah penting, yaitu membukukan karya-karya anak FAMe yang selama ini sudah terbit di media massa. Nanti dikelompokkan berdasarkan isu,” ujarnya lagi.

Sementara itu, koordinator FAMe periode (2017-2022), Riri Isthafa Najmi mengucapkan selamat kepada Hayatullah Pasee selaku koordinator baru. Ia berharap dengan adannya regenerasi pengurus baru, FAMe lebih maksimal dan optimal ke depannya.

“Saya optimis dengan kepengurusan baru ini dapat melanjutkan dan mewujudkan cita-cita FAMe untuk membumikan literasi di bumi serambi Mekkah,” ujar Riri.

Sementara itu, Koordinator FAMe baru, Hayatullah Pasee mengatakan dirinya siap mengemban amanah tersebut. Baginya FAMe merupakan rumah literasi bagi yang ingin belajar.

“Apalagi FAMe memiliki guru-guru yang luar biasa. Mereka mau berbagi ilmu tanpa pamrih bagi siapa saya yang ingin belajar” imbuhnya.

Acara Family Gathering ditutup dengan penyerahan SK pengurus baru oleh pembina FAMe, Yarmen Dinamika dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dalam memperingati hari jadi ke-5 FAMe.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.