Rumah Amal USK Gelar Madrasah Inspirasi bertema Jurnalistik

0
50

Rumah Amal Masjid Jamik Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan Madrasah Inspirasi yang ke 11 dengan mengusung tema jurnalistik dengan judul kegiatan “Sadar jurnalistik: Mencipta tulisan berstandar media massa”, Minggu (29/05/2022).    

Kegiatan yang berlangsung secara online melalui aplikasi zoom tersebut dimulai pukul 14.00 WIB, mengundang narasumber Redaktur Pelaksana media online Anterokini.com, Iqbal Saputra sebagai pemateri utama untuk memberikan ilmu dan pengalamannya kepada peserta yang merupakan mahasiswa/i penerima manfaat Rumah Amal Masjid Jamik Universitas Syiah Kuala. 

Kegiatan paparan materi dan diskusi dipandu oleh salah seorang mahasiswi internasional penerima manfaat dari Rumah Amal.

Untuk diketahui, Madrasah Inspirasi merupakan salah satu program dari Rumah Amal yang bertujuan untuk menunjang skill dan keahlian para mahasiswa/i penerima manfaat. 

Dengan mengusung tema tersebut, Rumah Amal berharap agar pengetahuan dan keterampilan menulis para mahasiswa/i meningkat sehingga dapat membangun tulisan resmi yang berstandar media massa, serta menyadari pentingnya tulisan jurnalistik dalam sebuah lembaga atau organisasi.   

Sementara itu dalam pemaparan materinya, Redaktur Pelaksana Antero, Iqbal menyampaikan bahwa lembaga bisa melakukan publikasi setiap kegiatannya melalui media massa dengan cara mengirimkan siaran pers atau pers release. Oleh karena itu sebuah lembaga dituntut agar memiliki tenaga yang ahli membuat siaran pers standar media massa.

“Pers release inilah yang kemudian dikirimkan ke media massa, nanti pihak media yang akan menilai layak atau tidak nya sebuah pers release dimuat, makanya penting bagi lembaga membuat pers release yang memiliki standar media massa,”ujarnya.

Iqbal menyebutkan pentingnya publikasi kegiatan dari sebuah lembaga yang bertujuan untuk menyampaikan hal-hal positif kegiatan lembaga serta sebagai pertanggungjawaban publik terhadap keberadaan lembaga itu sendiri.

“Apalagi seperti rumah amal ini aktif menggelar kegiatan, bahkan ini sudah seri yang ke 11, jadi penting ini untuk dipublikasikan sehingga kedepannya kegiatan -kegiatan dari rumah amal bisa dirasakan manfaatnya lebih luas lagi,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.