Sekda Lepas Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh

Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah, didampingi para Staf Ahli Gubernur Aceh dan Asisten Sekda Aceh, melepas keberangkatan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, di Lobi Kantor Gubernur Aceh, Rabu (6/4/2022).

Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh yang terdiri dari jajaran Satuan Kerja Perangkat Aceh, Bank Aceh Syariah dan Bank Mustaqim Aceh akan berkunjung ke 54 Masjid di 23 kabupaten/kota se-Aceh.

Dalam rangka menyemarakkan Ramadhan 1443 Hijriah ini, Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh mengusung tema Gerakan Masjid Bereh.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh Muhammad Iswanto menjelaskan, tujuan utama Safari Ramadhan Pemerintah Aceh adalah membersihkan masjid.

“Sesuai pesan Pak Sekda, kita ingin menggaungkan Gerakan Bereh, fokus utamanya adalah pemeliharaan kebersihan Masjid, karena hal ini penting agar jama’ah merasa khusyuk dan nyaman saat beribadah, baik di bulan Ramadhan maupun di bulan lainnya,” kata Iswanto.

Sebelumnya, saat zikir dan doa rutin ASN Pemerintah Aceh, Sekda Taqwallah mengungkapkan bahwa kualitas kebersihan Masjid di Aceh dalam kondisi yang berbeda-beda. Namun biasanya banyak masalah kebersihan pada fasilitas wuduk dan MCK.

“Kehadiran tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, minimal bisa menjadikan kawasan Masjid terasa lebih bersih dan nyaman untuk jamaah. Selain itu, jika tidak ada pohon silakan ditanami pohon. Tempat wudhu tolong dipastikan bersih dan jika ada kran yang rusak segera diganti,” kata Sekda Aceh dalam kesempatan itu.

Sementara itu sebelumnya, dalam arahannya, Sekda Aceh, mengatakan, New Safari Ramadhan tahun ini dilaksanakan dengan memberi wajah baru dari kegiatan rutin di bulan suci itu selama ini. Yakni lebih mengedepankan fungsi masjid sebagai sarana ibadah, supaya lebih bersih dan nyaman untuk melaksanakan setiap kegiatan peribadatan.

“Safari (Ramadhan) ini bagus hanya saja warnanya yang berbeda, jadi kami bersama Gubernur pada tahun 2021 berinisiatif mengubah Safari Ramadhan ini menjadi sebuah gerakan yang lebih bermanfaat,” kata Taqwallah.

Berbeda dari biasanya, pada program rutin bulan puasa sebelumnya, tahun ini, aksi Safari Ramadhan dikemas dengan menitik fokuskan pada pemeliharaan fasilitas masjid. Sehingga pelaksanaannya lebih dirasakan oleh masyarakat.

“Dalam safari ini lebih menitik fokuskan pada Gerakan BEREH. Dengan tujuan agar masjid bersih, jadi kita shalat juga akan nyaman. Tentunya dalam teknis operasional di lapangan diserahkan dengan masing-masing tim,” ujarnya.

Sekda Aceh itu berharap, kehadiran tim New Safari Ramadhan, bisa memberikan dampak yang baik pada kawasan masjid, dengan menjadikannya lebih bersih baik dari dalam tempat wudhuk, serta menghijaukan halaman masjid dengan menanam pohon. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads