Siapa Pemilik Suzuya Mall yang Terbakar di Banda Aceh?

0
613

Pusat belanja modern Suzuya Mall di Kota Banda Aceh, mengalami kebakaran hebat pada Senin (4/4/2022), tepatnya pukul 11.30 WIB.

Menurut saksi mata, api pertama kali terlihat di gudang mal yang berada di lantai tiga. Api kemudian membesar dan melahap sebagian besar bangunan. 

Ketika kejadian ini berlangsung, pengunjung yang datang belum terlalu ramai karena sudah memasuki bulan puasa. 

Api akhirnya berhasil dipadamkan di sore hari setelah Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh menurunkan 10 unit mobil pemadam.

Seperti dikutip dari laman resmi perusahaan, Suzuya Mall merupakan unit bisnis milik Suzuya Group yang sudah berdiri sejak tahun 1983.

Saat itu, tempat jualan yang dimiliki hanya berupa kios kecil seluas 77,5 meter persegi dan bernama Suzuya Boutique.

Seiring berjalannya waktu, pengelola kemudian memperluas lokasi usahanya menjadi 180 meter persegi. Nama bisnisnya pun diubah menjadi Suzuya Fashion.

Sayangnya, pada tahun 1986 toko Suzuya Fashion terbakar habis. Pada tahun 1988, bisnis ini kembali dibuka dengan outlet yang luasnya mencapai 900 meter persegi dan diberi nama Suzuya Department Store.

Setelah bertahun-tahun, bisnis ini pun berkembang pesat dan pada tahun 2007 didirikanlah Suzuya Group dengan lahan yang lebih luas.

Suzuya Group memiliki 9 unit bisnis yang saling bersinergi, yaitu department store, supermarket, super store, fashion outlet (Romp), furniture plaza, hotel dan restoran.

Outlet Suzuya berjumlah 26 buah dan tersebar di 11 kota yaitu: Medan, Tanjung Morawa & Marelan, Binjai, Pematang Siantar, Rantau Prapat, Bagan Batu, Pekanbaru, Padang, Lhokseumawe dan Banda Aceh.

Saat ini, Suzuya Group menjadi pemimpin ritel lokal di Pulau Sumatera, dan memiliki 9 unit bisnis, 26 outlet di 11 kota, 3.000 karyawan, 20.000 meter persegi lahan ritel, serta lebih dari 500.000 pelanggan. KOMPAS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.