Kemenag Aceh Besar Gelar Bimbingan Pranikah bagi Remaja di SMA Pulo Aceh

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar Abrar Zym mengingatkan kalangan remaja untuk menyiapkan diri terlebih dahulu sebelum menuju ke jenjang pernikahan.

Hal demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar Abrar Zym saat mengisi bimbingan perkawinan pranikah bagi remaja di SMA Negeri 1 Pulo Aceh, kabupaten Aceh Besar, Kamis (24/03/2022).

Turut hadir Kasubbag TU Kemenag Aceh Besar Khalid Wardana, Kasi Penmad Suryadi, Kepala SMA Pulo Aceh Anwar dan Kepala MIN 47 Aceh Besar Bakhtiar.

Abrar Zym mengatakan untuk melakukan ibadah haji saja, setiap calon jamaah harus menyiapkan diri dengan mengikuti bimbingan haji hingga tiga bulan lamanya, apalagi jika mau menikah yang seumur hidup, seharusnya juga mendapatkan bimbingan yang memadai terlebih dahulu.

“Menikah jangan buru-buru, harus ada bekal, bekal materi, bekal ilmu, bekal berkeluarga, memahami reproduksi remaja, kesehatan reproduksi dan lain sebagainya. Intinya nikah itu butuh persiapan, butuh proses,” lanjutnya.

Ia juga mengingatkan jangan sampai kalangan remaja tidak paham ilmu pernikahan dan bagaimana seharusnya membangun rumah tangga yang baik.

“Bagaimana setelah menikah kita mempersiapkan ekonomi keluarga, sehingga suami jangan asyik main chip, lupa akan tanggung jawab dalam berumah tangga, begitu juga istri, belajar memasak, nyuci dan sebagainnya,” ujar Abrar Zym.

Pada kesempatan itu Abrar Zym menyampaikan selain mengisi bimbingan perkawinan pranikah untuk remaja, selama dua hari di Pulo Aceh, pihaknya juga melaksanakan sejumlah kegiatan bakti sosial seperti, safari Khutbah Jum’at, santunan anak yatim, penyerahan kitab suci Al-Qur’an untuk enam masjid di Pulo Nasi, penyuluhan moderasi beragama, bimbingan pranikah untuk remaja, dan gotong royong bersama masyarakat setempat.

Ketua panitia kegiatan bakti sosial yang juga Kasi Bimas Kemenag Aceh Besar Akhyar mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk silaturahmi Kemenag Aceh Besar dengan masyarakat Pulo Aceh. Akhyar berharap syiar agama di bulan Ramadhan tahun ini semakin kuat di Pulo Aceh.

“Khusus untuk Bimas kita punya dua kegiatan, masing-masing penyuluhan moderasi beragama dan bimbingan pranikah untuk remaja di SMA Pulo Aceh, sedangkan dari bidang Madrasah akan mengunjungi MIN 47 Aceh Besar yang berada di Gampong Pasi Janeng,” ujar Akhyar.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads