Bank Indonesia Gaungkan Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah di Aceh

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh melakukan edukasi dan sosialisasi program Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah kepada Pemerintah Daerah di Provinsi Aceh.

Acara edukasi CBP Rupiah tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Kepala Badan/Biro Perekonomian dari 23 Kab/Kota se-Aceh, Senin (21/02/2022) di Banda Aceh.

Kepada peserta edukasi CBP yang hadir, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, T. Amir Hamzah, menyebutkan kegiatan edukasi CBP Rupiah akan digaungkan secara lebih masif disemua kalangan di Provinsi Aceh termasuk kepada pelajar, mahasiswa, penyandang disabilitas, perbankan dan masyarakat umum.

Ia menjelaskan Cinta Rupiah, keaslian dan merawat Rupiah, merupakan perwujudan kemampuan masyarakat untuk mengenal karakteristik dan desain Rupiah, memperlakukan Rupiah secara tepat, dan menjaga dirinya dari kejahatan uang palsu.

Bangga Rupiah, identitas dan simbol bangsa, merupakan perwujudan kemampuan masyarakat memahami Rupiah sebagai alat pembayaran yang Sah, simbol kedaulatan NKRI, dan alat pemersatu bangsa.

Selanjutnya Paham Rupiah, fungsi Rupiah dalam perekonomian, merupakan perwujudan kemampuan masyarakat memahami peran Rupiah dalam peredaran uang, stabilitas ekonomi, dan fungsinya sebagai alat penyimpan nilai tukar.

Dia juga berharap peserta edukasi CBP Rupiah agar menyampaikan pengetahuan tentang Rupiah kepada keluarga dan teman terdekat sehingga dapat mengenali dan memperlakukan Rupiah secara baik, menggunakan Rupiah dalam setiap transaksi, berbelanja secara bijak, berhemat, dan berinvestasi.