Peringatan HAB ke 76, Mawardi Ali: Indeks Kerukunan Umat Beragama Meningkat

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali bertindak sebagai inspektur upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke -76, yang dipusatkan di komplek Pesantren Al-Manar Aceh Besar, Senin (03/01/2022).

Bupati yang menyampaikan amanah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan bahwa Kementerian Agama hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan layanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya dan menjaga Pancasila, konstitusi dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

Hal itu lanjut bupati ditandai dengan naiknya indeks kesalehan umat beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,93 pada tahun 2021. Selanjutnya indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan dari 67,46 pada tahun 2020 menjadi 72,39 pada tahun 2021. Begitu juga dengan layanan KUA meningkat dari 77,28 tahun 2020 menjadi 78,90 tahun 2021.

“Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan Lembaga keagamaan, forum kerukunan umat beragama serta unsur masyarakat lainnya,” lanjut Mawardi membacakan sambutan Menteri Agama

Mawardi menyampaikan sejumlah prestasi yang telah dicapai tersebut merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kementerian Agama.

“Untuk itu saya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pegawai aparatur sipil negara di jajaran Kementerian Agama yang telah mengabdi dengan tulus menjaga martabat dan kehormatan dan kinerja Kementerian Agama,”lanjutnya.

Selain itu pada Upaca Hari Amal Bakti Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar juga diserahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada sejumlah pegawai yang telah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Selain itu juga turut diserahkan penghargaan kepada siswa berprestasi.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Besar Abrar Zym.

Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Besar Abrar Zym menyebutkan peringatan hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke -76 ini sebelumnya juga diisi dengan kegiatan Bakti sosial dan penyerahan santunan.

“Alhamdulillah upacara hari puncak HAB hari ini berlangsung dengan sangat khidmat meskipun berlangsung ditengah-tengah rintik hujan, namun tidak menyurutkan semangat kita untuk menyukseskan upacara ini,” ujar Abrar Zym.