Human Initiative Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Aceh Timur

Tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak Kamis, 30 Desember 2021 menyebabkan meluapnya air sungai berakibat banjir di 14 kecamatan di kabupaten Aceh Timur.

Jumlah warga yang terdampak sebanyak 20.603 jiwa. Banjir yang melanda 14 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, Aceh tersebut juga membuat 6.000 lebih rumah terendam. Sebanyak 6.665 warga juga harus tinggal sementara di pengungsian.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur mencatat banjir terjadi di 86 desa di delapan kecamatan.

Kerusakan yang terjadi akibat banjir dan longsor di kabupaten Aceh Timur terjadi di beberapa titik, diantaranya di kecamatan Birem Bayeun 5 rumah milik masyarakat rusak dan 3 jalan akses menuju desa tertimbun longsor. Selain itu juga terdapat jembatan yang rusak berat di kecamatan Indra Makmu dan Kecamatan Idi Tunong, serta 1 orang meninggal dunia.

Menanggapi adanya bencana tersebut, Minggu (02 Januari 2022) Human Initiative menyalurkan bantuan sembako bagi korban banjir di kecamatan Nurussalam dan kecamatan Birem Bayeun, setelah berkoordinasi dengan BPBD Aceh Timur dan Camat Bireum Bayeun.

Bantuan tersebut diserahkan langsung ke lokasi pengungsian dan dapur umum dengan di damping oleh Camat dan Kapolsek Biren Bayeun, di desa Aramiyah.

Sebelumnya Human Initiative juga menyerahkan bantuan sembako di kecamatan Nurussalam yang diterima langsung oleh perangkat desa di lokasi pengungsian dan dapur umum.

Iskandar, Camat Birem Bayeun mengucapkan terimakasihnya atas bantuan yang diberikan.

“Untuk saat ini kebutuhan mendesak yang diperlukan bagi korban bencana banjir adalah sembako,” lanjutnya.