Rektor UIN Ar-Raniry Kukuhkan 131 Guru Profesional

Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr H Warul Walidin AK, MA mengukuhkan sebanyak 131 Guru Profesional Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan Guru Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun 2021. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Grand Hotel Permata Hati Syariah Ulee Lheue Banda Aceh, Kamis (23/12/2021).

Rektor, Prof Warul Walidin dalam arahannya mengatakan, dalam meniti karir taidak boleh ada kata cukup, apalagi bagi seorang pendidik diharapkan terus menggali potensi dan pengembangan diri dalam rangka memperbaharui ilmu, khususnya materi ajar bagi peserta didik.

“Guru dituntut untuk terus memperbaiki kualitas diri, khususnya terkait dengan materi ajar demi pengembangan materi untuk masa depan peserta didiknya nanti, sama halnya dengan para tenaga pengajar di tingkat Perguruan Tinggi,” ujarnya secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Warul menegaskan, menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah, pasalnya banyak hal yang harus ditempuh, apalagi saat ini berada dalam teknologi informasi era 4.0. untuk itu dia berpesan kepada lulusan PPG UIN Ar-Raniry untuk terus belajar dalam rangka menjaga eksistensinya sebagai guru profesional.

Rektor berpesan kepada lulusan PPG UIN Ar-Raniry agar dapat mempertanggjawabkan atas gelar yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan di Kampus UIN Ar-Raniry, serta dapat menjaga nama baik lembaga UIN Ar-Raniry dalam pengabdiannya kepada bangsa.

Dikesempatan yang sama, Dekan FTK UIN Ar-Raniry Dr Muslim Razali, M.Ag mengatakan, bahwa mengajar baik menjadi guru maupun menjadi dosen merupakan panggilan hati masing-masing, oleh karena itu ia mengajak para lulusan PPG UIN Ar-Raniry untuk menjadi guru professional yang lebih mengedepankan ikhlas dalam menjarkan peserta didiknya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru FTK UIN Ar-Raniry, Dr Hazrullah, S Pd I, M Pd, menyebutkan, jumlah PPG UIN Ar-Raniry tahun 2021 yang diberikan kuota oleh panitia nasional sebanyak 689 orang, terdiri atas 250 guru madrasah dan 439 untuk guru Pendidikan Agama Islam.

Dia merincikan, jumlah peserta pada gelombang pertama sebanyak 267 orang, gelombang kedua 172 orang, yang dinyatakan lulus pada gelombang pertama sebanyak 131 orang, sisanya masih menunggu proses penilaian oleh penitia nasional yakni Kemendikbud dan Kemenag RI, kemungkinan akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman gelombang kedua nantinya.

Hazrullah menjelaskan, PPG ini terbagi pada dua bidang, bidang Pendidikan Agama Islam yang merupakan guru yang megajar pada sekolah umum, SD, SMP dan SLTA, sedangkan untuk guru yang mengajar pada Madrasah baik MIN, MTs dan MA dibagi pada bidang Fiqh, Aqidah Akhlak, Quran Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab dan Madrasah Ibtidaiyah atau guru kelas. Masing-masing merekan mendapatkan Sertifikat sesuai dengan bidang masing-masing.

“Program ini sebelumnya dikenal denga istilah PLPG (pendidikan dan latihan profesi guru), namun sejak tahun 2018 programnya menjadi Pendidikan Profesi Guru (PPG), ini dikhususkan kepada guru dalam jabatan (Daljab), ke depan diharapkan program ini dapat dikembangkan melalui jalur mandiri pada LPTK FTK UIN Ar-Raniry,” kata Hazrullah.

Pada pengukuhan lulusan PPG itu juga digelar Orasi Ilmiah dengan tema Paradigma Pendidikan Islam dan Pencerahan Peradaban, disampaikan oleh Guru Besar UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, M.Ag.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads