Prodi MPI UIN Ar-Raniry Gagas 10 Madrasah Mitra di Kota Sabang

Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Wilayah Kota Sabang.

Kegiatan tersebut dalam rangka membangun kerjasama dan kemitraan dengan sejumlah madrasah di Lingkungan Kementerian Agama Kota Sabang.

Ketua Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry, Mumtazul Fikri, Minggu (5/12/2021) mengatakan, pengabdian yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk membangun kerjasama dan kemitraan dengan 10 madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kota Sabang.

Ia menyatakan, bahwa kegiatan tersebut sebagai awal dari kerjasama dan kemitraan antara prodi MPI dengan madrasah yang ada di Kota Sabang, kegiatan ini kata Mumtazul menjadi awal untuk kegiatan lainnya dimasa akan datang.

“Prodi MPI UIN Ar-Raniry siap melakukan pendampingan akreditasi madrasah, pengembangan manajemen berbasis madrasah dan madrasah berbasis riset di Kota Sabang,” ujarnya.

Mumtazul Fikri menyebutkan, pengabdian itu diikuti oleh 40 peserta terdiri dari Kepala, wakil kepala, para guru dan tenaga kependidikan Madrasah, yang merupakan perwakilan dari 10 madrasah di lingkungan Kemenag Kota Sabang.

Dijelaskan, kegiatan dibagi menjadi dua sesi, pertama workshop madrasah berbasis riset dan sosialisasi Prodi MPI, selanjutnya pendampingan akreditasi madrasah dan implementasi manajemen berbasis madrasah (MBM).

“Kegiatan ini diharapkan dapat terjalinnya kemitraan yang progresif antara Prodi MPI UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan Kementerian Agama Kota Sabang, khususnya dalam pendampingan akreditasi madrasah, pembinaan madrasah berbasis riset dan implementasi manajemen berbasis madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kota Sabang,” kata Mumtaz.

Disela kegiatan yang berlansgung di Aula Madrasah Terpadu di Cot Bau itu, juga dilakukan penadatanganan naskah kerja sama Ketua Prodi MPI UIN Ar-Raniry dan Kepala Kementerian Agama serta 10 madrasah di kota Sabang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang, H Yasih, memberikan apresiasi atas terlaksananya kegitan itu, Ia berharap kegiatan tersebut dapat terus berlanjut setiap tahunnya untuk membantu pengembangan dan penguatan madrasah di lingkungan Kementerian Agama kota Sabang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads