Diskopukmdag Lakukan Temu Kemitraan UMKM Banda Aceh

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kota Banda Aceh mengadakan kegiatan Temu Kemitraan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Banda Aceh dengan tema ‘Bersama dan Bersinergi Membangun UMKM Banda Aceh’ pada Selasa lalu.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Banda Aceh M. Nurdin, S.Sos melalui Kepala Bidang Pengembangan Usaha Mikro Diskopukmdag Banda Aceh, Muda Bahlia, SE. M.Si mengatakan pertemuan tersebut untuk membentuk satu induk komunitas UMKM di Banda Aceh.

“Kegiatan temu kemitraan ini untuk mendapatkan satu output yaitu terbentuknya suatu induk komunitas UMKM di Banda Aceh,” kata Muda, Jumat (03/13/2021) di Kantor Diskopukmdag Banda Aceh.

Kata Muda, nantinya komunitas UMKM ini diharapkan menjadi komunitas yang menaungi semua kelompok-kelompok kecil UMKM atau pelaku UMKM di Banda Aceh .

Juga, akan menjadi mitra Pemerintah Kota Banda Aceh dalam membina UMKM sehingga sudah ada komunitas UMKM yang legal yang akan mengembangkan pemasaran ke arah digital.

Saat ini, kata Muda komunitas UMKM di Banda Aceh sudah di bentuk dan semua UMKM di Banda Aceh secara otomatis berada di bawah komunitas ini.

“Sudah dibentuk tim formatur seperti ketua, wakil ketua, sekretaris, visi misi dan tujuan. Sekarang UMKM di Banda Aceh yang terdata sudah enam belas ribu lebih, tapi saya yakin masih banyak UMKM yang belm terdata seperti usaha mikro yang jualan di pasar. Jadi nanti juga akan dilakukan pendataan data base UMKM Banda Aceh,” tutup Muda.