Pangdam Iskandar Muda Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Kantor Gubernur Aceh

Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Achmad Marzuki, menjadi Inspektur upacara pada Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021.

Kegiatan bertemakan ‘Pahlawanku Inspirasiku’, itu dilangsungkan di Halaman Kantor Gubernur Aceh, Rabu (10/11/2021), berlangsung khidmat.

Ikut dalam kegiatan tersebut Asisten I Sekda Aceh, M. Jafar, Asisten II Sekda Aceh, Mawardi, Asisten III Sekda Aceh, Iskandar AP., beberapa pejabat utama Kodam Iskandar Muda dan pejabat utama Polda Aceh, Rektor UIN Ar-Raniry, serta para pimpinan SKPA Pemerintah Aceh.

Dalam amanatnya Pangdam Iskandar Muda yang membacakan sambutan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini, menyampaikan pesan bahwa selama ratusan tahun Indonesia telah dijajah dan dipecah-belah melalui politik adu domba.

Achmad Marzuki berpesan agar masyarakat Indonesia jangan cepat terbelah oleh Isu-isu Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (Sara), dengan terus menggelorakan semangat gotong-royong dan persatuan. Perbedaan justru memperkuat kesatuan dan tetap bertoleransi sesuai slogan Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu, Pangdam juga berpesan agar menjadikan nilai kepahlawanan sebagai inspirasi.

“Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, sesuai dengan kemampuannya, minimal bagi keluarga dan komunitasnya,” kata Achmad Marzuki.

Usai upacara, Pangdam bersama Forkopimda Aceh menyerahkan bungong jaroe kepada para keluarga pahlawan dan veteran.