Pembangunan Jalan Multiyears Gayo Lues ke Abdya Lampaui Target

Pembangunan Jalan yang menghubungkan Kabupaten Gayo Lues (Galus) dengan Aceh Barat Daya (Abdya), melalui proyek multiyears terus dipacu.

Hingga pekan pertama November 2021, rekanan yaitu PT. Telaga Megabuana, telah menyelesaikan pengerjaan hingga 41,42 persen, dari target yang telah disusun yaitu 32,31 persen.

Atas capaian itu, Asisten II Sekda Aceh, Mawardi menyampaikan apresiasi. Ia yakin, pengerjaan lintas Blangkejeren-Tongra-Batas Aceh Barat Daya, dengan jarak 90 kilometer itu akan selesai sesuai target, saat berakhir kontrak per 22 Desember 2022 nanti.

“Sejak pengerjaan dimulai pada 23 Desember 2020, rekanan telah menyelesaikan 41,42 persen. Deviasi 9,04 persen dari target yang telah ditetapkan untuk tahun 2021 ini. Kami yakin pembangunan jalan ini akan selesai sesuai target waktu yang disepakati,” kata Mawardi, saat meninjau pembangunan jalan tersebut di Gayo Lues, Kamis (04/11/2021).

Kondisi saat ini, rekanan telah menyelesaikan Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) sepanjang 18 kilometer, asphal concretw binder course (AC-BC) sepanjang 16 kilometer, Galian Tebing: 154.000 M3, Base A sepanjang 15 Km, Base B sepanjang 19 Km, dan Urpil sepanjang 2 Km.

Untuk memacu proyek pengerjaan jalan multiyears senilai Rp387,06 itu, pihak rekanan akan menyelesaikan AC-BC sekitar 10 kilometer, pasang batu M3, saluran 400 meter dan Base A 2 kilometer.

Mawardi mengatakan, dirinya yakin, rekanan dapat menyelesaikan pengerjaan sesuai dengan target. “Mereka (rekanan) punya alat kerja yang lengkap. Kami sangat yakin mereka akan menyelesaikan dengan tepat waktu bahkan bisa selesai sebelum waktunya,” kata Mawardi.

Tinjau Proses Rehab Jaringan Irigasi Weih Tillis

Selanjutnya Asisten II Sekda Aceh, Mawardi, meninjau progres Rehabilitasi Jaringan Irigasi Weih Tillis, di Kabupaten Gayo Lues, Kamis 4 November 2021.

Jaringan pintu air yang terletak di Desa Kongbur itu dikerjakan oleh CV. Anak Rantau Mandiri, dengan sumber anggaran DAK APBA 2021, senilai Rp5,52 miliar.

Dari hasil peninjauan tersebut, didapati bahwa pengerjaan fisik yang dilakukan rekanan telah mencapai 65,86 persen, deviasi 10,86 persen dari target semula.

“Artinya di sini melampaui 10 persen lebih dari target yang telah direncanakan,” kata Mawardi.

Mawardi mengatakan, sampai Kamis hari ini, rekanan telah menyelesaikan pasang beronjong sepanjang 458 M3. cor tapak talang, menyiapkan saluran 1.367 meter, dan pembersihan lahan bendungan Kombur.

Rekanan berkomitmen untuk menyelesaikan pengerjaan sebelum tenggat waktu akhir kontrak. Rekanan kata Mawardi, merencanakan untuk menyelesaikan pengerjaan 82 persen pada tanggal 15 November nanti.

Dalam beberapa hari ini, rekanan akan melanjutkan cor beronjong sepanjang 503 M3, menyelesaikan cor talang 26 meter, menyiapkan saluran sepanjang 400 meter, serta menyiapkan saluran sepanjang 600 meter di Atu Talang. Komitmen dari rekanan, pengerjaan ini akan selesai pada tanggal 15 November mendatang. Sisa finishing dari semua pekerjaan akan dituntaskan setelah menyelesaikan komitmen tersebut.

“Dari hasil pantauan, kami yakin bahwa pengerjaan akan selesai sebelum tanggal 19 Desember (berakhir kontrak),” kata Mawardi.