Pertamina Gandeng HI dan GPL Tanam Mangrove di Pesisir Aceh Barat

PT Pertamina melalui Pertamina Fuel Meulaboh bekerja sama dengan Human Initiative Aceh dan juga Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) Meulaboh mengadakan penanaman ratusan mangrove dan cemara di Desa Langung Kecamatan Meurebo Kabupaten Aceh Barat, Rabu (02/11/2021).

Kegiatan pelestarian lingkungan tersebut juga mendapat dukungan penuh dari berbagai elemen masyarakat.

Turut hadir Kasrem 012/TU Letkol.Kav Nurul Diyanto, perwakilan Bupati Aceh Barat, Sekretaris Dinas DLHK Aceh Barat Said Azmi, Fuel Terminal Manajer Pertamina Meulaboh Ismail, Project Officer HI Aceh Wahyu Rismawan.

Program penanaman mangrove dan cemara ini tidak sekedar penanaman pohon saja, namun juga adanya pendampingan dalam pemeliharaan dan monitoring tumbuh kembang mangrove, sehingga ekosistem mangrove dapat terbangun.

Fuel Terminal Manager Pertamina, Ismail mengatakan bahwa program ini adalah bagian dari bentuk kepedulian pertamina terhadap lingkungan yang juga merupakan salah satu program corporate social responsibility.

“Kami berharap dengan adanya pendampingan selama 6 bulan setelah penanaman dapat meningkatkan daya tumbuh bibit mangrove dan cemara hingga 80% sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris dinas DLHK Aceh Barat, Said Azmi mengatakan penanaman mangrove ini merupakan bagian dari pelestarian lingkungan dikawasan pantai langung yang merupakan wilayah yang pernah diluluhlantakkan oleh bencana tsunami.

“Harapannya Pemerintah gampong setempat geuchik, camat dan jajarannya untuk bersama-sama berperan aktif dalam menjaga dan merawat apa yang telah dilaksanakan hari ini,”lanjutnya.

Pada kesempatan itu Ketua GPL Meulaboh, Fajar mengatakan, kegiatan ini tidak hanya sebatas penanaman mangrove dan cemara namun juga adanya pendampingan yang melibatkan anggota GPL juga perangkat desa setempat. Tanaman mangrove Jenis rhizopora apiculata menjadi bibit pilihan dalam aksi ini. Hal ini disebabkan bibit tersebut merupkan jenis bibit mangrove yang paling sesuai dengan kondisi air dan habitat mangrove di desa langung.

Project Officer Human Initiative, Wahyu Rismawan menyampaikan terimakasih kepada PT. Pertamina FT Meulaboh yang telah menginisiasi program pelestarian lingkungan melalui kegiatan penanaman mangrove dan cemara.

Pihaknya juga berterimakasih kepada berbagai elemen masyarakat atas kolaborasi yang baik dalam kegiatan ini.

“Selain itu, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, diharapkan program ini dapat kita jaga bersama sehingga menjadi pilot project ekosistem mangrove di wilayah Aceh Barat. sehingga program ini dapat berkembang menjadi ekowisata mangrove dan dapat membuka lahan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya.