Baitul Mal Aceh Kumpulkan 35 Kantong Darah

Baitul Mal Aceh (BMA) bekerja sama dengan UDD PMI Banda Aceh kembali menggelar donor darah tahap keempat tahun 2021, Jumat (15/10/2021).

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor BMA itu berhasil mengumpulkan darah sebanyak 35 kantong dari target 25 kantong. Darah yang terkumpul dari BMA tersebut sudah melebihi target dengan persentase 140 persen.

Adapun pelaksanaan donor darah itu di pantau langsung oleh Staf Ahli Bubernur Aceh Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Ir Iskandar Syukri MM MT dan Penjab donor darah Biro Isra (Kasubbag Kerjasama Ulama Dan Umara Biro Isra Setda Aceh), Marzuki, S.Ag MH.

Selain itu hadir juga Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin, SKM MM, Kepala Markas PMI, Safriadi Ibrahim dan Kabid Kesehatan dan Unit Donor Darah, dr Natalia.

“Alhamdulillah pada aksi tahap keempat ini, BMA berhasil mengumpulkan darah 35 kantong darah dari 76 orang yang mendaftar. Dan ini melampaui 140 persen dari yang ditargetkan sebanyak 25 kantong darah,” kata Rahmad Raden.

Ia menjelaskan sebagian pegawainya itu ada yang tidak bisa mendonorkan darahnya dikarenakan faktor kesehatan. Diantaranya ada yang kekurangan HB, konsumsi obat dan sedang datang bulan bagi perempuan.

Rahmad Raden mengatakan, aksi donor darah yang dilaksanakan pihaknya itu merupakan tindaklanjut dari surat Gubernur Aceh Nomor 468/15412, perihal Jadwal Donor Darah Tahap IV Tahun 2021 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Kontrak di lingkungan Pemerintah Aceh.

“Donor darah tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan persediaan darah PMI Cabang Banda Aceh dan PMI Kabupaten/Kota untuk membantu pasien tanggap darurat yang membutuhkan darah segera. Diantaranya thalasemia, kecelakaan, ibu melahirkan dan persiapan operasi besar,” kata Rahmad Raden.

Saat ini, terang dia, Pemerintah Aceh terus melanjutkan ‘Gerakan Donor Darah’ kepada seluruh SKPA. Aksi donor darah rutin itu telah dimulai sejak tahun 2020, guna membantu kebutuhan darah di Banda Aceh dan sekitarnya.

Ia menambahkan, aksi donor darah di halaman kantor BMA itu juga diikuti oleh pegawai dari Majelis Adat Aceh (MAA), Majelis Pendidikan Aceh (MPA) dan juga masyarakat umum.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Banda Aceh, Dedi Sumardi Nurdin, SKM MM menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Aceh atas inisiasi Gerakan Donor Darah bagi para ASN. Gerakan tersebut telah mengumpulkan darah ribuan kantong yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang sedang sakit dan membutuhkan darah.

“PMI Kota Banda Aceh juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pegawai BMA yang telah ikut mendonorkan darahnya. Saat ini banyak saudara kita yang membutuhkan kepedulian kita,” kata Dedi Sumardi.

Untuk itu, ia mengajak kepada para ASN dan masyarakat umum yang belum mendonorkan darahnya, kita imbau agar segera melaksanakan donor darah. Selain dapat membantu sesama juga menyehatkan diri sendiri.

“Kami berharap, aksi donor darah ini bisa rutin dilakukan dalam kurun waktu 2 bulan sekali. Dengan demikian kebutuhan darah untuk rumah sakit di Kota Banda Aceh, Aceh Besar, dan Calang bisa terpenuhi,” pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads