Sekda Tinjau Ruang Pinere RSUDZA dan Semangati Vaksinator di BACH

Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah meninjau ruang Pinere, tempat rawatan pasien Covid-19, di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Rabu (13/10/2021).

Dalam kunjungan itu, Sekda didampingi Staf Ahli Gubernur, Bukhari dan Iskandar Syukri, Kepala Biro Isra, Usamah Elmadny serta Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUZA, dr. Endang Mutiawati, menjelaskan ada 16 pasien Covid-19 yang masih dirawat di Ruang Pinere.

Sebanyak lima orang di antaranya dirawat di Ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) dan 11 lainnya di ruang isolasi.

“Semua pasien yang dirawat belum sekalipun divaksin,” kata dr. Endang yang didampingi Wakil Direktur Administrasi dan Umum RSUZA, Abdul Fatah, dan Wakil Direktur Penunjang RSUDZA, Nurnikmah.

Petugas di ruang Pinere melaporkan jika rata-rata pasien mengeluhkan sesak nafas. Mereka adalah komorbid yang juga menderita sakit jantung dan cuci darah. “Tapi untuk semua penjaga pasien disyaratkan harus sudah divaksin,” kata dr. Endang.

Sekda kemudian memberikan semangat para petugas di ruangan Pinere. Ia berterimakasih karena sudah memberikan layanan terbaik kepada pasien yang terpapar Covid-19.

“Tetap semangat memberikan layanan terbaik kepada pasien,” kata Sekda sembari berharap covid-19 segera berakhir di Bumi Aceh.

Pada hari yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, dr. Taqwallah juga menyemangati para vaksinator Covid-19 yang bertugas di Banda Aceh Convention Hall (BACH).

Sekda mengatakan kerja keras mereka telah memberikan hasil, di mana saat ini angka kasus positif Covid-19 di Aceh semakin menurun.

“Tetap semangat. Mudah-mudahan Covid-19 segera selesai,” kata Taqwallah.

Vaksinasi massal Pemerintah Aceh di BACH telah berlangsung selama hampir 3 bulan. Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama antara pemerintah Aceh dan TNI-POLRI. Di mana, para vaksinator dari Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin, Rumah Sakit Jiwa Aceh, Rumah Sakit Ibu dan Anak Aceh, Rumah Sakit Bhayangkara Polda Aceh serta vaksinator dari Rumah Sakit Kodam Iskandar Muda, terlibat menyukseskan kegiatan.

Sampai hari ini, di mana pelaksanaan vaksinasi tahap kedua telah berlangsung selama 82 hari, sebanyak 78.213 masyarakat Aceh telah disuntik.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto., yang juga Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, mengajak serta seluruh masyarakat Aceh utamanya yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar untuk datang dan divaksin di BACH. Jadwal kerja para vaksinator mulai hari Senin hingga hari Jumat.