Ulama Aceh Singkil dan Subulussalam Diajak Sukseskan Vaksinasi

Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19 bagi kalangan dayah di Kabupaten Aceh Singkil dan kota Subulussalam, Jumat (08/10/ 2021).

Sosialisasi itu dipusatkan di Kantor Bupati Aceh Singkil dengan diikuti para ulama, pimpinan dayah, da’i perbatasan serta kalangan Puskesmas.

Sekda Taqwallah mengajak untuk sama-sama melakukan sosialisasi guna meyakinkan masyarakat, khususnya warga dayah untuk menjalani vaksinasi Covid-19.

“Kita berkumpul hari ini, kita berdoa kepada Allah diberi kekuatan untuk mampu menjelaskan kepada orang-orang yang kita pimpin terkait pentingnya vaksinasi,” ujar Sekda Taqwallah.

Sekda juga mengajak seluruh peserta pertemuan itu untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi guna menyatukan langkah dalam menyukseskan vaksinasi. Misalnya antara pihak puskesmas dengan dayah, maupun dengan sekolah.

Menurut Taqwallah, banyak kasus orang menolak vaksin lantaran kurang mendapat pemahaman tentang apa itu vaksin. Karena itu, para peserta rapat diminta mampu menjelaskan hal tersebut kepada masyarakat.

Sosialisasi vaksinasi Covid-19 untuk warga dayah dilakukan Sekda Taqwallah sebagai bentuk kampanye menyukseskan vaksinasi dalam upaya menghilangkan pandemi Covid-19. Sosialisasi di Singkil merupakan kegiatan lanjutan Sekda Aceh dalam kunjungannya ke kabupaten/kota se-Aceh, untuk mensosialisasikan vaksinasi kepada para ulama dan pimpinan dayah.

Sementara itu Abi Hasan Pimpinan Dayah Safinatussalamah, menyampaikan apresiasi atas sosialisasi vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Sekda Aceh ke daerah-daerah. Abi Hasan menilai sosialisasi itu sangat bermanfaat bagi kesuksesan vaksinasi khususnya di Aceh Singkil.

“Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Singkil. Semoga vaksinasi di sini sukses,” ujar Abi Hasan.

Sementara Bupati Aceh Singkil Dulmusrid dalam penyampaiannya juga mengajak seluruh peserta pertemuan itu untuk saling berkoordinasi demi suksesnya vaksinasi. Dulmusrid juga menyampaikan terima kasih kepada dayah dan sekolah atas upaya mereka menyukseskan vaksinasi.

Vaksinasi di lingkungan dayah, kata Dulmusrid, sangat penting mengingat kehidupan warga dayah yang terpusat dalam satu lingkungan kecil. Jika satu santri terpapar penyakit maka akan menyebar ke santri lain. 

Pada hari yang sama Sekda Aceh Taqwallah melanjutkan kunjungan kerja ke Kota Subulussalam untuk mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 bagi kalangan dayah di daerah tersebut.

Sama seperti dalam berbagai kunjungan sosialisasi sebelumnya, Sekda Taqwallah mengajak para pimpinan dayah, dai perbatasan, pihak sekolah dan Puskesmas untuk sama-sama menyukseskan vaksinasi Covid-19 sebagai ikhtiar bersama melawan virus tersebut.

Untuk itu Sekda mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya para pimpinan dayah untuk menyukseskan vaksinasi di dayah.

Vaksinasi di kalangan dayah dianggap sangat penting mengingat warga dayah hidup dan tinggal bersama di satu lingkungan asrama dayah. Jika ada satu yang sakit maka kemungkinan penyakit itu akan menyebar ke santri lainnya.

“Karena itu vaksinasi ini penting untuk menjaga diri secara pribadi dan juga menjaga orang lain,” ujar Taqwallah.

Sementara itu Walikota Subulussalam Affan Alfian Bintang dalam sambutannya pada acara itu juga mengajak para pimpinan dayah untuk sama-sama menyukseskan program vaksinasi.

“Kami Pemko Subulussalam, mengajak pimpinan dayah untuk terus memberikan sosialisasi kepada santri,” ujar Affan. Iqbal