Kasus Covid-19 Mulai Landai, Satgas: Tetap Jaga Protokol Kesehatan dan Segera Vaksin

Jubir Covid Aceh Saiful Abdul Gani

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh menyebutkan perkembangan kasus Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) mulai landai di Aceh. 

Kasus konfirmasi Positif Covid-19 terbaru sebanyak 23 orang, dan pasien yang dinyatakan sembuh bertambah sebanyak 87 orang. 

Namun demikian satgas Covid-19 Aceh mengingatkan masyarakat agar senantiasa menjaga protokol Kesehatan serta segera melakukan vaksinasi bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi.

“Alhamdulillah, tidak ada kejadian meninggal dunia pasien Covid-19 dalam 24 jam terakhir di Aceh,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, Selasa (05/10/2021).

Saifullah menyebutkan kasus-kasus konfirmasi baru harian sebanyak 23 orang, masing-masing warga Banda Aceh delapan orang, Aceh Besar lima orang, Subulussalam empat orang, dan Aceh Tamiang dua orang. Kemudian warga Aceh Utara, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya, dan warga Simeulue, masing-masing satu orang.

Sementara itu, 87 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, meliputi warga Aceh Barat sebanyak 51 orang, dan warga Pidie 12 orang. Kemudian warga Banda Aceh tujuh orang, Aceh Tengah enam orang, Aceh Besar lima orang, warga Aceh Jaya dan Aceh Barat Daya masing-masing tiga orang.

“Kasus Covid-19 di Aceh yang kian landai pantas kita syukuri sambil terus berjuang mejalankan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi untuk menuju zero kasus dan herd immunity,” lanjut Saifullah. 

Pada kesempatan tersebut Saifullah juga melaporkan kasus kumulatif Covid-19 di Aceh sudah mencapai 37.868 orang, hingga 4 Oktober 2021. Pasien Covid-19 yang sedang dirawat tinggal 1.444 orang. Para penyintas Covid-19, (yang sudah sembuh) 34.459 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia secara kumulatif sudah sebanyak 1.965 orang. 

“Data kasus kumulatif tersebut termasuk kasus positif baru harian yang bertambah  hari ini sebanyak 23 orang,” pungkasnya. Iqbal