Silaturahmi dengan Civitas Akademika UIN Ar-Raniry, Ini Pesan Pangdam IM

Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kodam IM), Mayor Jenderal TNI Achmad Marzuki melakukan kunjungan kerja dan bersilaturrahim dengan civitas akademika Universitas Islam Negeri Banda Aceh, kegiatan berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy Kopelma Darusslam Banda Aceh, Sabtu (2/10/2021).

Dalam paparanya, Achmad Marzuki mengajak para civitas akademika untuk memperkuat bidang pendidikan serta memajukan budaya bagi generasi di masa mendatang. UIN Ar-Raniry salah satu lembaga yang diberi amanah untuk meningkatkan mutu pendidikan generasi penerus bangsa.

“Di Era digital ini kita sedang menyaksikan bagaimana revolusi teknologi mengubah secara fundamental seluruh segi kehidupan masyarakat, mulai dari cara kita hidup, bekerja dan berinteraksi dengan orang lain. Demikian pula dengan institusi-institusi sosial, ekonomi, politik yang mengatur kehidupan masyarakat,” kata Achmad Marzuki.

Pangdam IM mengajak, untuk itu mari kita kuatkan pendidikan dan majukan kebudayaan yang ada di Indonesia, sebab dengan berbudaya maka pendidikan akan semakin kuat.

Lebih lanjut, Achmad memaparkan peran Perguruan Tinggi sebagai center of excellence khususnya UIN Ar-Raniry dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, antara lain pertama sebagai elaborator untuk memberikan solusi dalam permasalahan yang dihadapi Bangsa.

Selanjutnya, kedua sebagai agen perubahan yang memiliki visi terbuka terhadap pengalaman dan berfikir out of the box, ketiga semua output yang dihasilkan harus dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan realistis, ketiga Independent tidak memihak pada manapun dan tidak mengenal SARA, karena universitas merupakan miniatur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dimana terdapat keberagaman yang merupakan hakikat Bangsa Indonesia.

Lebih lanjut kata Pangdam IM, keempat adalah civitas akademika memiliki posisi tertentu dalam kehidupan bermasyarakat, agar posisi tersebut dapat dipertanggungjawabkan untuk memberikan solusi dalam permasalahan dalam kehidupan masyarakat.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Pangdam IM MayjenTNI Achmad Marzuki beserta rombongan dalam rangka bersilaturrahim dengan civitas akademika di Kampus Jantong Hate Rakyat Aceh ini.

Dikatakan, UIN Ar-Raniry mengembangkan misi integrasi dan interkoneksi antara filosofi atau nilai-nilai keislaman dengan sains modern, teknologi dan seni dengan wawasan kebangsaan dalam kurikulum dan juga dalam academic culture, sehingga dapat melahirkan lulusan yang kukuh religiusitasnya, cerdas, berakhlakul karimah dan yang paling penting berwawasan kebangsaan.

Dalam konteks tersebut, Rektor menyampaikan permohonan untuk terus melakukan kerja sama dalam rangka memupuk nasionalisme generasi milenial ditengah era globalisasi, di era 4.0. mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, sebagai intektual muda memiliki peran penting dalm kehidupan berbangsa dan bernegara, harus mempu mengimplementasikan nilai-nilai pancasila membentuk karakter bangsa yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi yang dilandasi Hubbul Wathan Minal Iman.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pangdam dan Dandim yang telah melaksanakan upaya yang sangat penting dalam memutuskan mata rantai virus covid 19, dengan melakukan vaksinasi massa di kampus UIN Ar-Raniry yang telah dilaskanakan beberapa waktu yang lalu,” ujaranya.