Gerakan Wakaf Satu Juta Alquran Sambangi Tanjung Selamat

Jumlah mushaf Alquran yang ada ditengah-tengah masyarakat muslim Indonesia saat ini masih jauh dari kebutuhan.

Meskipun berpenduduk mayoritas beragama Islam yang mencapai 200 juta lebih, namun cetakan Alquran setiap tahunnya baru 20 juta eksemplar. Idealnya hingga 50 juta eksemplar/tahun.

“Kondisi ini menyebabkan umat Islam di Indonesia mengalami krisis mushaf Alquran”, tandasnya KH Muhammad Syauqi MZ saat menyampaikan ceramah di Masjid Babul Maghfirah Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Senin, (27/09).

“Belum lagi bila kita bicara jumlah umat Islam yang bisa baca Alquran, masih banyak yang buta aksara Alquran,” tambahnya.

Saat ini, tambah KH Muhammad Syauqi, umat Islam yang bisa membaca Alquran hanya berkisar 54 persen saja. Dari jumlah tersebut, yang mampu membaca secara tartil hanya 33 persen, (membaca secara tartil yakin tepat tajwidnya, fasih makhraj hurufnya). Sementara yang mampu menterjemahkannya hanya 14 persen saja.

Oleh karena itu ia mengajak kaum muslimin agar kembali kepada Al-Quran dengan cara mempelajari, memahami, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk mewakafkan Al-Quran untuk saudara-saudara yang belum memiliki Al-Quran.

Safari dakwah KH Muhammad Syauqi MZ di Aceh dalam rangka menyukseskan program Wakaf 1 Juta Al-Quran yang dicanangkan oleh Komunitas Riau Indonesia Mengaji. Visi utama gerakan wakaf Al-Qur’an yakni memberantas buta aksara Alquran dikalangan umat Islam Indonesia.

Ketua BKM Babul Maghfirah, Ustadz Wirzaini Usman, didampingi Imam Masjid Tgk H.M.Aji Adam, menyambut baik gerakan wakaf Al-Qur’an, dan safari dakwah yang digelar di masjid Babul Maghfirah dengan menghadirkan KH Muhammad Syauqi MZ dapat mengobati rasa rindu masyarakat terhadap sosok dai sejuta umat KH Zainuddin MZ.

Wirzaini Usman, saat menyampaikan kata-kata selamat datang (ahlan wasahlan) kepada KH Muhammad Syauqi MZ, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama BKPRMI Kabupaten Aceh Besar yang telah memfasilitasi kehadiran putra KH Zainuddin MZ tersebut di masjid kebanggaan masyarakat Gampong Tanjung Selamat.

Ikut hadir mendampingi KH Muhammad Syauqi MZ bersama rombongan, tuan guru Tgk Sri Darmawan dan tokoh-tokoh masyarakat Gampong Tanjung Selamat.

Dalam kesempatan tersebut Tim Komunitas Riau Indonesia Mengaji juga menyerahkan sebanyak 40 eksemplar mushaf Alquran melalui BKM Babul Maghfirah untuk disalurkan kepada umat yang diterima langsung oleh Ustadz Wirzaini Usman.

Sementara itu Sekretaris BKM Ustadz Rabiuddin menginformasikan jumlah dana waqaf Al-Quran dari para waqif yang terkumpul mencapai Rp22.100.000.

“Ucapan terima kasih kepada para waqif yang telah menyisihkan sedikit dari hartanya untuk membantu agama Allah,” pungkas Rabiuddin. (*)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads