Bersiap!! Seleksi Kompetensi PPPK Guru Akan Dimulai 13 September 2021

Tes CPNS Kemenag

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI bersama Dinas Pendidikan Aceh akan menyelenggarakan pelaksanaan seleksi kompetensi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru mulai 13 hingga 17 September 2021 pada 49 titik di seluruh Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM melalui Plt. Kepala Bidang Pembinaan GTK, Muksalmina, S.Pd, M.Si. menyebutkan sesuai surat dari Kemdikbudristek nomor: 4661/B/GT/01.00/2021 tertanggal 28 Agustus 2021, jadwal seleksi PPPK bergeser dari sebelumnya 30 Agustus menjadi 13 September 2021.

“Insyallah dalam waktu dekat kita akan duduk bersama para kepala dinas pendidikan kabupaten/kota untuk membicara teknis pelaksanaan ujian PPPK,” tuturnya.

Muksalmina menjelaskan meskipun waktu pelaksanaan telah dijadwalkan, namun passing grade untuk seleksi kompetensi PPPK Guru belum ditetapkan. Namun peserta tidak usah khawatir. Pasalnya, passing grade tersebut dipastikan akan ditetapkan sebelum pelaksanaan seleksi kompetensi tahap pertama.

“Jadi para calon PPPK dapat mengikuti ujian di daerahnya masing-masing. Kita sudah menyiapkan sebanyak 160 ruang ujian dengan 3.661 unit komputer. Saat ini tim proktor dan operator kita sedang bekerja keras menyiapkan sistem di daerah. Semoga tidak ada kendala yang berarti saat ujian nanti,” harapnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kemdikbudristek, lanjut Muksalmina, jumlah peserta yang akan mengikuti seleksi kompetensi PPPK tahap pertama sebanyak 28.691 orang. Mereka adalah para guru non pns yang selama ini telah mengabdi di satuan pendidikan mulai jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB yang ada di seluruh Aceh.

“Kami berpesan agar seluruh calon PPPK Guru dapat menyiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi, tetap belajar lebih semangat, fokus pada modul dan materi yang telah diberikan saat pembekalan PPPK kemarin,” pesannya.

Muksalmina menghimbau para calon PPPK untuk tidak mudah percaya kepada pihak-pihak yang mengiming-imingkan dapat meluluskan ujian. Pasalnya ujian akan dilakukan secara online dan transparan.

“Bapak/ibu sendirilah yang menentukan nasibnya sendiri. Teruslah berusaha dengan belajar dan berdoa agar dimudahkan dalam ujian nanti,” pintanya.

Sementara itu berdasarkan Surat Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 4661/B/GT.01.00/2021 tentang Penyampaian Jadwal Tahapan Pelaksanaan Seleksi Guru ASN-PPPK Tahun 2021.

Jadwal Seleksi PPPK Guru Tahap Pertama Tahun 2021 :

  • Pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat seleksi PPPK Guru I : 9 September 2021
  • Cetak kartu peserta seleksi PPPK Guru : 9 s.d. 12 September 2021
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi I : 13 s.d. 17 September 2021
  • Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi I : 24 September 2021
  • Masa sanggah I (masa pengajuan sanggah) : 24 s.d. 27 September 2021
  • Jawab sanggah I (tanggapan sanggah) : 27 September s.d. 5 Oktober 2021
  • Pengumuman hasil sanggah I : 5 Oktober 2021

Informasi dan penjelasan lain terkait pelaksanaan seleksi PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru dapat dibaca melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id.