4.399 Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry Ikuti Pengenalan Kampus Secara Online

Sebanyak 4.399 Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun akademik 2021/2022. Kegiatan tersebut berlangsung 26-28 Agustus 2021 secara online (dalam jaringan).

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Dr. Saifullah Idris, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, kegiatan PBAK UIN Ar-Raniry tahun 2021 digelar secara online, dimana para mahasiswa baru mengikutinya dari rumah masing-masing.

Hal tersebut kata Dia, mengingat kondisi saat ini masih dalam masa pandemi covid-19, pimpinan bersama panitia memutuskan untuk menggelar kegiatan PBAK dilaksanakan secara daring. Kepada mahasiswa baru diberikan link zoom untuk bergabung mengikuti seluruh materi pada kegaiatan tersebut.

Saifullah mengajak kepada peserta untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam mencari peluang-peluang cerdas, walaupun dalam kondisi yang tidak normal seperti saat ini.

“Sebagai agent of change, mahasiswa khususnya para mahasiswa baru harus dapat berfikir kreatif dan inovatif dalam mencari peluang-peluang cerdas di era 4.0 ini, walau dalam masa pandemi. Kita perlu memikirkan alternative-alternatif yang brillian agar dapat bersaing dan berkiprah secara lebih nyata,” ujarnya.

Ditambahkan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mahasiswa dapat melakukan berbagai perubahan ke arah yang positif, baik berfikir maupun bertindak secara positif, khusus bagi mahasiswa diharapkan dapat menjadi agent moderasi beragama.

Warek III berpesan, sebagai mahasiswa UIN Ar-Raniry ada banyak nilai yang dipelajari, dimiliki, didalami dan dipraktikkan dalam kehidupannya, yaitu disamping nilai-nilai islami, nilai kebangsaan dan keuniversalan, juga nilai dan tujuan serta cita-cita dari pendiri kota pelajar Darussalam, yaitu membentuk manusia baru yang berjiwa besar, berpengetahuan luas dan bebudi luhur.

Apabila semua nilai tersebut dapat dijalankan, Warek UIN Kemahasiswaan Ar-Raniry menyakini bahwa mahasiswa UIN Ar-Raniry akan menjadi insan yang berwawasan keilmuan yang rahmatal lil ‘alamin serta berfikir moderat dalam menghadapi dunia global.

Sementara itu, Ketua Panitia PBAK UIN Ar-Raniry 2021, Dr. Syahminan, M.Ag menyebutkan, jumlah mahasiswa baru UIN Ar-Raniry yang mengikuti PBAK ini sebanyak 4.399 peserta, kegiatan berlangsung selama tiga hari digelar secara daring.

Dikatakan, selama PBAK berlangsung kegiatan secara umum dibagi tiga, yakni pada hari pertama ditingkat Universitas, hari kedua ditingkat Fakultas dan pada hari ketiga ditingkat masing-masing program studi dilanjutkan dengan penutupan.

“PBAK akan berlangsung selama tiga hari, kepada peserta akan diperkenalkan beberapa hal, antara lain info layanan akademik kampus, materi perpustakaan, tentang organisasi kemahasiswaan, info ma’had Jamiah, serta beberapa materi lainnya,” kata dia.

Syahminan menambahkan, pada hari pertama PBAK kepada peserta diberikan materi tentang wawasan kebangsaan disampaikan oleh Pangdam Iskandar Muda atau yang ditunjuk, materi dari Kapolda Aceh, Kakanwil Kemenag Aceh serta beberapa materi lainnya.