Dinkes Distribusikan Vaksin ke Seluruh Aceh

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif, mengatakan, pihaknya telah mendistribusikan langsung ke seluruh Aceh vaksin Sinovac yang diterima pada Jumat 30 Juli lalu sebanyak 38.300 dosis. Pendistribusian itu dilakukan sesuai dengan alokasi yang disepakati.

“Mudah-mudahan sudah diterima semuanya oleh satgas covid-19 kabupaten kota,” kata dr. Hanif.

Hanif berharap dengan diterimanya stok vaksin tersebut, bisa menjawab keluhan sejumlah kabupaten kota yang kehabisan stok vaksin Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh itu merinci, sebagian dari seluruh kabupaten/kota yang mendapatkan kiriman vaksin dalam distribusi kemarin, yaitu, Aceh Besar mendapat stok vaksin yang paling banyak, yakni 3.500 dosis. Sementara Aceh Barat Daya mendapatkan 2.500 dosis. Selanjutnya adalah Banda Aceh, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Langsa dan Kota Lhokseumawe masing-masing mendapatkan jatah 2.000 vaksin.

Beberapa kabupaten/kota itu mendapatkan stok vaksin lebih banyak, karena banyaknya masyarakat yang mengantri untuk suntik vaksin dan stok yang tersisa mulai sangat terbatas.

Hanif melanjutkan, pada Senin 2 Agustus nanti, Pemerintah Pusat akan mengirimkan lagi vaksin covid-19 kepada Satgas Covid-19 Pemerintah Aceh.

“Sekitar 93.000 dosis yang akan dikirim,” kata dr. Hanif.

Ditambahkan, vaksin baru yang akan dikirim nanti lebih difokuskan pada suntik dosis 2. Di mana sebanyak 83.800 adalah vaksin dosis 2. dan 9.200 vaksin dosis 1.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, yang juga Kepala Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, menyebutkan, kedatangan vaksin itu merupakan langkah pemerintah mengejar capaian vaksinasi covid-19 di Aceh.

“Seperti disampaikan Bapak Gubernur, upaya mengejar capaian vaksinasi akan terus dilakukan secara maksimal, walaupun dengan segala keterbatasan, termasuk kendala ketersediaan vaksin secara nasional yang berdampak pula kepada Aceh,” kata Iswanto.

53.818 Sudah Divaksin

Iswanto, mengatakan, sampai hari Sabtu (31 Juli) tercatat 53.818 ribu orang telah disuntik dalam gerakan vaksinasi massal yang digelar Pemerintah Aceh di Banda Aceh Convention Hall (BACH).

Iswanto menyebutkan, ribuan orang yang divaksin tersebut tidak lepas dari kerja keras dan dedikasi para vaksinator, yang bekerja sampai sore hari, dengan tujuan melayani seluruh masyarakat Aceh.

Lebih lanjut, Muhammad Iswanto yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, mengatakan antusiasme masyarakat disuntik vaksin masih tinggi. Hal itu menandai bahwa masyarakat percaya akan adanya covid-19 dan salah satu ikhtiar menghilangkan covid adalah dengan cara vaksinasi. Mereka atau masyarakat yakin sepenuhnya vaksin yang digunakan aman dan halal.

“Usaha bersama vaksinasi ini bagian dari ikhtiar kita melawan dan memutuskan mata rantai covid-19 di Aceh,” kata Iswanto.

Sementara itu, Koordinator vaksinasi massal Pemerintah Aceh yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, dr. Iman Murahman, mengatakan sebanyak 569 dari 875 orang merupakan mereka yang disuntik dosis pertama. Sementara 306 lainnya merupakan mereka yang disuntik dosis kedua.

Iman mengatakan, vaksinasi massal hari ini merupakan vaksinasi tahap kedua pelaksanaan hari ke- 35. Dalam vaksinasi tahap dua sebanyak 45.931 orang disuntik. Sisanya merupakan mereka yang disuntik pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama.