Dewan Optimis Relokasi Pedagang ke Pasar Al-Mahirah akan Sukses

Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Irwansyah, mengaku optimis kalau relokasi para pedagang di Pasar Peunayong ke Pasar Al-Mahirah Lamdingin oleh Pemerintah Kota Banda Aceh akan berjalan sukses.

Hal ini disampaikan Irwansyah saat meninjau kondisi pasar tersebut bersama tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis (03/06/2021).

“Saya termasuk orang yang optimis proses relokasi ini akan berhasil, kondisi ekonomi pedagang akan bagus, pemerataan ekonomi terjadi, hanya saja butuh kesabaran sedikit dari kita semua,” kata Irwansyah di sela-sela kunjungannya.

Irwansyah menjelaskan, dalam proses relokasi di mana pun itu awalnya merupakan sesuatu yang berat dan sangat sulit dilakukan, tetapi jika ini berhasil dilalui maka akan menjadi sebuah prestasi yang luar biasa bagi pemerintah. Berdasarkan pantauannya, kondisi pasar sudah mulai berdenyut dan makin hari semakin menunjukkan kemajuan.

Hanya saja ia meminta kepada Pemerintah Kota Banda Aceh melalui dinas terkait untuk mempercepat proses pengerjaan berbagai sarana yang dianggap belum selesai. Jika dilihat dari progres di lapangan dalam 3-4 bulan ini akan selesai.

Menurutnya ada beberapa pekerjaan penting perlu segera dilakukan agar proses relokasi ini bisa sukses.
Baik itu ; pekerjaan paving blok halaman pasar, perkerasan jalan halaman pasar (pengaspalan), pembangunan talud dan drainase keliling pasar, pedestrian pasar, pembangunan pos jaga dan pagar.

“Satu hal lagi yang menjadi masukan saya, agar jalan Syiah Kuala sebagai akses menuju pasar bahkan menuju makam Syiah Kuala itu untuk dilebarkan, mudah-mudahan pelebaran jalan ini bisa direalisasikan pada tahun anggaran 2022 nanti,” tutur Irwansyah.