Pimpinan PTKIS Se-Aceh Bahas Akreditasi

Dalam rangka meningkatkan akreditasi kampus menjadi unggul, para pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta dalam lingkungan Kopertais Wilayah V Aceh tahun 2021 menggelar rapat kerja, kegiatan tersebut berlangsung 3-4 April 2021 di Hotel Grand Arabia Banda Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry selaku Koordinator Kopertais V Aceh, Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA, diwakili Wakil Rektor I, Drs. H. Gunawan Adnan, MA, Ph.D saat membuka acara mengatakan, bahwa status akreditasi kampus sangat penting di era sekarang ini, sebab akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian sebuah perguruan tinggi.

“Setiap pimpinan harus punya mimpi untuk menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, untuk itu harus ada prioritas dalam meraih nilai tersebut,” ujarnya.

Ditambahkan, bahwa alasan lain status akreditasi menjadi sangat penting dewasa ini, masyarakat atau calon mahasiswa tidak lagi melihat status perguruan tinggi negeri atau swasta, namun yang pertama dilihat adalah akreditasi lembaga dan prodi.

Menurut Gunawan, bicara perguruan tinggi tidak terlepas dari mutu, amanah yang diberikan dalam mengelola sebuah lembaga pendidikan tentu yang diutamakan adalah mutu, sehingga kualitas alumni dapat diterima di semua tempat.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama – Diktis Kementerian Agama RI, M. Adib Abdushomad, M.Ed, Ph.D dalam paparannya mengatakan, kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan sebagai langkah untuk melakukan pembinaan PTKIS, sehingga kendala masing-masing PTS dapat dibahas bersama.

Adib mengingatkan, bahwa masa depan perguruan tinggi dipertanyakan, terkait dengan keadaan sekarang dan di masa akan datang, termasuk didalamnya PTS. Untuk itu tantangan sekarang adalah teknologi digital sudah menjadi keniscayaan.

Ia mengingatkan kepada pimpinan atau pengelola perguruan tinggi terkait dengan hal yang diperhatikan dan dirawat bersama, antara lain tentang pelaporan data pada forlap PD Dikti dimana sering terlupakan pada operatornya, selain itu yang menjadi kendala sering dihadapi dimana PTS sering kali dijadikan ‘batu loncatan’ para tenaga pengajar.

Adib Abdushomad mengajak para pimpinan PTS agar serius dan fokus pada peningkatan mutu, sehingga nantinya akan dapat memperoleh akreditasi yang unggul, baik ditingkat institusi maupu program studi.

Sementara itu, Wakil Koordinator Kopertais Wilayah V Aceh, Drs. Fuadi, M.Hum, menyebutkan peserta kegiatan tersebut diikuti oleh 34 pimpinan PTKIS se Aceh, yang akan berlangsung selama dua hari.

Dalam raker tersebut juga diisi dengan beberapa materi, antara lain Kebijakan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam dalam Pengembangan PTKIS dan tata kelola PTKIS disampaikan oleh Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama – Diktis Adib Abdushomad, Ph.D, selanjutnya materi Kebijakan terkait tata kelola PTU di Aceh disampaikan oleh Sekretaris LLDikti XIII, dilanjutkan dengan pembahasan terkait dengan kondisi PTKIS di Aceh serta Rapat Kerja.

Ditambahkan, kegiatan tersebut nantinya akan membantu para pimpinan PTKIS dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada masing-masing PTS, serta dapat melahirkan berbagai rekomendasi untuk meraih nilai kareditasi yang unggul.