KPI USM Raih Akreditasi Baik Sekali

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh berhasil meraih peringkat terakreditasi “Baik Sekali (B)” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Perolehan nilai terakreditasi baik sekali ini sesuai dengan Surat Keputusan BAN PT BAN-PT No.1707/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2021 yang ditandatangan oleh Direktur Dewan Eksekuti BAN PT, Prof. T. Basaruddin.

SK BAN-PT tersebut diterima langsung oleh Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah, H. Rahmadon, M.Ed., Ph.D. pada hari Rabu, 31 Maret 2021 melalui laman resmi SAPTO BAN-PT.

Dekan menyampaikan Selamat kepada Unit Penyelenggara Program Studi (UPPS) dan terutama Prodi KPI atas capaian yang luar biasa ini, ia tidak lupa menghaturkan terimakasih atas support dari semua unsur di USM baik pihak Yayasan, Pimpinan, BJM, Perpustakaan, LPPM, Akademik dan seluruh pihak terlibat yang telah memberikan kontribusi besar selama proses Akreditasi ini.

“Karena dengan dukungan dari seluruh unsur terkait, kami dapat bekerja secara maksimal dan mendapat hasil Baik Sekali. Tidak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Borang KPI, Wakil Dekan, Ka. Prodi KPI dan semua TIM yang luar biasa, ini berkat kerja sama tim yang solid dan kuat, oleh karena itu saya mengucapkan Selamat untuk kita semua” kata Rahmadon.

Sementara itu, Ketua Prodi KPI, Muhammad Syarif, S.Pd.I, MA mengucapkan syukur dan sangat berbahagia atas perolehan akreditasi Baik Sekali (B).

“Akreditasi ini sangat penting bagi lembaga, terutama bagi mahasiswa dan alumni, yang merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (Pendidikan Tinggi) oleh pihak di luar lembaga khususnya user dan masyarakat,” ujar Syarif.

Dengan perolehan peringkat Baik Sekali ini menunjukkan bahwa Prodi KPI betul-betul mengedepankan kualitas dalam setiap proses Tri Dharma Perguruan Tinggi dan hal ini merupakan komitmen bersama seluruh civitas akademika USM untuk selalu meningkatkan kualitas agar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing, sehingga bisa memberikan darma baktinya kepada Agama, Nusa, dan Bangsa.

Proses Asesmen Lapangan (AL) sendiri telah dilalui oleh UPPS dan Prodi semenjak tiga Minggu lalu, tepatnya pada tanggal 8-9 Maret 2021. Dalam AL tersebut, Asesor Ban-PT yang terdiri dari Dr. Hj. Casmini, S.Ag. M.Si dari UIN Sunan Kalijaga dan Dr. Ani Yuningsih, M.Si dari UNISBA Bandung mengklarifikasi semua usulan terakreditasi prodi KPI yang diajukan dengan Standar 9 Kriteria.

Wakil Dekan FAI, Zulfadli MA mengatakan KPI Universitas Serambi Mekkah unggul dengan Pengajar dari lulusan S3 dan semuanya telah berpangkat Akademik Lektor, selain itu visi misi dan tujuan telah dicapai dengan sangat baik dengan mendapatkan beberapa rekomendasi dari Asesor.

“Saat ini Prodi KPI FAI USM memiliki mahasiwa asing yang berasal dari Negeri Thailand, mereka belajar tentang Komunikasi dan Penyiaran di Jurusan Tersebut.” Pungkas Zulfadli.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads