Juli Amin – Aprizal Rachmad Pimpin AJI Kota Banda Aceh Periode 2021-2024

Juli Amin dipercayakan memimpin Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh Periode 2021 – 2024. Ia didampingi oleh Aprizal Rachmad yang akan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Keduanya terpilih dalam Konferta ke IX yang digelar di D’Energy Cafee Aceh Besar, Sabtu 27 Maret 2021. 

Juli Amin merupakan Pimpinan Redaksi portalsatu.com. Sementara Aprizal Rachmad  merupakan jurnalis kantor berita Antara. Mereka berdua memperoleh 33 suara, unggul 22 suara atas pasangan Zulkarnaini Mukhtar – Zulkarnaini Masry.  

Dalam konferta tersebut sebelumnya sempat mencuat kepemimpinan AJI bisa dijabat dua periode, namun tetap melalui tahapan pemilihan. Nurdin Hasan, mantan ketua dan pendiri AJI Kota Banda Aceh menawarkan hal itu agar program-program kerja yang belum terlaksana atau belum selesai dikerjakan pada periode lalu bisa dilanjutkan. 

“Jika kepengurusan baru dikhawatirkan program-program itu tidak akan tuntas terlaksana,” kata Nurdin Hasan. Jika terpilih pun, AJI Kota Banda Aceh mencatat sejarah sebagai salah atu kepengurusan AJI di seluruh Indonesia yang dijabat oleh ketua dan sekjen dua periode. 

Mantan Ketua dan Sekjen AJI periode 2018-2021 yaitu Misdarul Ihsan dan Afifuddin kemudian memang dicalonkan kembali. Namun mereka mengundurkan diri dari pencalonan sehingga jabatan dua periode di organisasi AJI Kota Banda Aceh tidak bisa terlaksana. 

Sedikitnya ada delapan pasangan yang dicalonkan menjadi Ketua dan Sekjen AJI Kota Banda Aceh. Mereka adalah pasangan Juli Amin – Aprizal Rachmad, Zulkarnaini Masri – Nova Misdayanti, Zulkarnaini Muchtar – Mawaddatul Husna, Zulkarnaini Masry – Mawaddalul Husna, Despriani Y Zamzami – Reza Munawir, Misdarul Insan- Afifuddin dan pasangan Fitri Juliana – Nova Misdayanti. 

Namun demikian beberapa calon, baik yang berstatus sebagai calon ketua maupun sekjen yaitu Nova Midayanti, Mawaddatul Husna, Despriani Y Zamzami, Reza Munawir, Misdarul Insan, Afifuddin dan Fitri Juliana mengundurkan diri sebelum pemilihan. Sementara dua nama yaitu Zulkarnaini Mukhtar dan Zulkarnaini Masry bersedia untuk dicalonkan sehingga mereka berdua kemudian dipaketkan sebagai pasangan calon. 

Artinya dua calon yaitu pasangan Juli Amin – Aprizal Achmad dan Zulkarnaini Mukhtar  – Zulkarnaini Masry bersaing menjadi calon Ketua dan Sekjen AJI Kota Banda Aceh.

Sebelum pemilihan dilakukan, dua pasangan calon menyampaikan visi-misinya. Juli Amin, mengatakan dirinya mencalonkan diri sebagai bagian dari proses demokrasi. “Bukan menang kalahnya, yang menang adalah kita semua.  Alhamdulillah kalau menang, kalau kalah juga alhamdulillah.”

Sementara Zulkarnaini Mukhtar mengatakan, jika terpilih dirinya punya misi mengembangkan sekolah jurnalis AJI Kota Banda Aceh, yaitu Muharram Journalism College dan mengembangkan unit usia demi kesejahteraan organisasi. “Kami juga ingin meningkatkan kapasitas anggota,” kata dia.

Pemilihan sendiri dilakukan secara tertutup pada jam lima sore. Di mana, para anggota memilih pasangan calon secara rahasia di dalam kotak suara. Hasilnya, usai penghitungan suara pada jam enam sore, diputuskan bahwa Juli Amin dan Aprizal Achmad menang dengan perolehan 33 suara. Sementara Zulkarnaini Mukhtar dan Zulkarnaini Masry mendapatkan 11 suara. 

Artinya Juli Amin dan Aprizal Rachmad sah memimpin AJI Kota Banda Aceh sebagai Ketua dan Sekretaris Jenderal AJI Kota Banda Aceh periode 2021-2024. Keduanya menggantikan Misdarul Ihsan dan Afifuddin sebagai Ketua AJI Kota Banda Aceh Periode 2018-2021.

Selain pemilihan Ketua dan Sekjen, Konferta ke IX juga memilih anggota Majelis Pengembangan Organisasi (MPO) AJI Kota Banda Aceh. Mereka yang dipercayakan adalah Davi Abdullah, Yang Oktiva dan Misdarul Insan. Pemilihan Ketua dan Sekjen serta anggota MPO sendiri disaksikan langsung Ketua Korwil Sumatera AJI Indonesia, Adi Warsidi.