1.428 Lulusan UIN Ar-RaniryWisuda Secara Daring dan Luring

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh mewisuda sebanyak 1.428 orang lulusan pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021, prosesi wisuda dilakukan secara daring dan luring bertempat di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Kopelma Darussalam Banda Aceh, yang berlangsung selama tiga hari, 23-25 Februari 2021.

Upacara wisuda secara daring disiarkan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal Youtube Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Sementara untuk prosesi wisuda secara luring dilakukan dengan mengikuti ketentuan dan standar protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dengan tidak mengikutsertakan pendamping atau keluarga.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA mengatakan bahwa pelaksanaan wisuda kali ini berbeda dengan wisuda biasanya karena kondisi pandemi covid-19 yang belum berakhir.

Namun kata Warul, walaupun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, prosesi wisuda berjalan dengan lancar dan penuh khidmat meski para orang tua masing-masing wisudawan tidak bisa mendampingi bagi yang memilih sistem luring (offline).

“Perjuangan dan gelar sarjana yang di peroleh hari ini tidak terlepas dari doa dan dukungan orang tua, sudah sepantasnya kita harus selalu berbakti kepada kedua orang tua yang selama ini telah bersusah payah mendidik dan membiayai studi agar kita bisa menyelesaikan dan menuntaskan pendidikannya dengan baik,“ kata Warul dihadapan para wisudawan, Selasa (23/2/2021).

Selain itu, Prof Warul Walidin juga berharap para wisudawan bisa menjaga nama baik almamater dan tidak pernah berhenti menyusun langkah dan strategi masa depan. Menurutnya, setelah ini para wisudawan harus memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Yang sarjana lanjutkan menuju Magister, dan yang lulus Magister masih ada satu langkah lagi untuk menuju Doktor, dan begitu juga yang telah meraih gelar Doktor mari kita bersinergi dalam membangun peradaban akademis yang lebih unggul di segala bidang,“ pesan Warul.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Warul Walidin AK, MA juga menjelaskan bahwa perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 ini pola perkuliahannya dilakukan secara campuran yaitu proses perkuliahan dalam jaringan dan perkuliahan tatap muka atau hybrid learning dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

“Untuk semester ini, khusus angkatan 2020 dan 2019 akan dilakukan perkuliahan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, akan dibagi shift untuk menghindari kerumunan didalam kampus dan ruangan,“ katanya.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Drs. H. Gunawan Adnan, MA, Ph.D dalam laporannya menyebutkan pada Rapat Senat Terbuka Wisuda Doktor, Magister, Sarjana Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 berhasil meluluskan 1.428 lulusan yang terdiri dari 9 orang program doktor, 111 orang Magister dan 1.308 orang program sarjana.

Untuk program sarjana strata satu (S1) jumlah wisudawan dari masing-masing fakultas terdiri dari 225 orang lulusan Fakultas Syari’ah dan Hukum, 489 orang lulusan Fakultas Tarbiyah  dan Keguruan, 61 orang lulusan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, 123 orang lulusan Fakultas Dakwah dan Komunikasi,93 orang lulusan Fakultas Adab dan Humaniora, 164 orang lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 75 orang Fakultas Sains dan Teknologi, 48 orang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan, dan sebanyak 30 orang lulusan Fakultas Psikologi.

Selain itu, menurut Gunawan dengan bertambahnya 9 orang program doktor, 111 orang Magister dan 1.308 orang lulusan program sarjana strata satu (S1) maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry sampai saat ini berjumlah 45.001 orang.

“Untuk lulusan yang lulus dengan predikat Cumlaude sebanyak 24 orang, 409 orang dengan predikat Pujian, 879 dengan predikat sangat baik dan sebanyak 116 orang lulus dengan predikat baik,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UIN Ar-Raniry juga memberikan penghargaan (bungongjaroe) kepada 46 lulusan terbaik dari perwakilan masing-masing Program Studi.