Kemenag Aceh Ingin Wujudkan Madrasah Unggul dan Inovatif

Kakanwil Kemenag Aceh Dr Iqbal mengatakan, dalam rangka mewujudkan madrasah unggul dan inovatif seluruh madrasah harus memiliki tata kelola yang baik.

Hal itu disampaikan Iqbal saat  membuka Rapat Koordinasi Penguatan Manajemen Berbasis Madrasah dan Program Inovasi se-Provinsi Aceh Tahun 2021 secara daring di aula Jeddah, Asrama Haji Embarkasi Aceh, Kamis, 11 Februari 2021. 

Kegiatan ini diikuti 154 orang Kepala MI, MTs dan MA baik negeri maupun swasta dari kabupaten/kota se-Aceh.

Iqbal mengungkapkan, Kementerian Agama ingin mewujudkan madrasah yang hebat, madrasah bermartabat,dan madrasah go internasional.

“Diperlukan manajemen yang baik sehingga apa yang kita cita-citakan bisa tercapai termasuk manajemen anggaran,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini madrasah telah mendapat tempat di hati masyarakat meskipun secara fasilitas madrasah tertinggal dibanding sekolah umum.

Dijelaskannya, guna mempertahankan nama baik madrasah, maka kepala madrasah dan seluruh elemen madrasah harus mengedepankan integritas, akhlak, dan kompetensi manajerial.

“Yang hari ini madrasah lebih baik minimal predikat yang sudah terbentuk di tengah masyarakat kalaupun tidak bisa dikembangkan tentu yang sudah ada ini jangan sampai menurun,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Mukhlis mengatakan, diperlukan persamaan persepsi seluruh kepala madrasah dalam rangka memajukan madrasah.

“Rakor ini kita laksanakan dalam rangka penguatan manajemen madrasah dan penguatan dan untuk calon masrasah inovasi. Tujuannya untuk mengangkat madrasah yang mampu bersaing di era global dan lulusannya diterima di perguran tinggi ternama nasional dan luar negeri ini harapan kita semua,” katanya.