UIN Ar-Raniry dan Pemerintah Aceh Besar Teken MoU

 Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA menandatangani naskah kerja sama dengan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, Jumat (22/1/2021) di Gadung Dekranasda Aceh Besar.

Warul Walidin mengatakan, secara umum kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara UIN Ar-Raniry dengan Pemerintah Aceh Besar dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, serta pengembangan sumber daya manusia maupun pengembangan di bidang lain untuk meningkatkan program kerja kedua belah pihak.

Rektor menambahkan, program-program kerja sama yang akan dilaksanakan dengan pemerintah Aceh Besar antara lain, peningkatan kualitas pendidikan dan kegiatan ilmiah, peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta penerapan hasil-hasilnya, pengembangan SDM, Pemanfaatan tenaga ahli, serta kegiatan lain yang dipandang perlu untuk pengembangan perekonomian masyarakat pada umumnya dan bermanfaat bagi semua pihak.

“UIN Ar-Raniry terus berupaya untuk mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan SDM dan peningkatan mutu pendidikan di semua sektor serta dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Warul mengungkapkan, kedepan pimpinan UIN Ar-Raniry juga akan memperbaharui kerja sama dengan semua pihak dalam rangka penyesuaian dan pengembangan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

“Dalam diskusi singkat bersama Bupati, beliau juga berpesan agar kita membuang jauh-jauh sikap primordialisme, sebab sikap tersebut dapat menghambat medernisasi dan proses pembangunan di masa akan datang,” kata Warul.

Sementara itu, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengatakan, pemerintah Aceh Besar mengapresiasi inisitif UIN Ar-Raniry dalam rangka melakukan kerja sama ini, untuk saling membantu dan bersinergi dalam membangun dua lembaga ini.

“Bagi pemerintah Aceh Besar, ini merupakan peluang yang cukup baik, karena UIN Ar-Raniry merupakan lembaga yang memiliki SDM yang baik, kerja sama ini difokuskan pada bidang pendidikan dan bidang lainnya,” ujarnya.

Pemerintah Aceh Besar juga berharap kerja sama ini dalam berjalan dengan baik, sehingga kedua lembaga ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Mawardi menambahkan, bahwa antara UIN Ar-Raniry Pemerintah Aceh Besar telah melakukan beberapa kali MoU, dan ini akan dilakukan lebih detail dan lebih fokus yang nantinya dilakukan MoA dengan berbagai lembaga di Aceh Besar.

Selain itu, Mawardi berharap UIN Ar-Raniry dapat memberi kesempatan yang lebih besar kepada mahasiswa dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Aceh, sehingga manfaat yang dirasakan oleh kedua belah pihak dapat rasakan langsung.