Gubernur Aceh: Jangan anggap COVID-19 sudah berakhir

Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengingatkan kepada masyarakat Aceh agar tidak menganggap kalau pendemi COVID-19 sudah berakhir di Indonesia, khusus di tanah rencong. 

“Kita jangan beranggapan bahwa COVID-19 sudah selesai, bahkan dibeberapa bagian dunia sudah ada varian baru,” kata Nova Iriansyah di Banda Aceh, Selasa. 

Karena itu, Nova meminta tetap selalu menjaga dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) sesuai anjuran dari pemerintah, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 

Nova menyampaikan, untuk kasus COVID-19 Aceh saat ini angkanya sangat fluktuatif, terkadang naik dan turun setiap harinya. Karena itu diharapkan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga agar virus corona tidak terus menyebar. 

“Sama-sama kita menjaga dengan menerapkan protokol kesehatan, tidak mungkin hanya dilakukan oleh Pemerintah dan Satgas saja,” ujarnya. 

Selain itu, dalam menyambut libur akhir tahun 2020 ini, Nova mengimbau agar seluruh masyarakat Aceh terus menerapkan protokol kesehatan sesuai surat edaran pemerintah. 

“Sudah ada edaran dari Kemenkes, BNPB dan Kemendagri, kita sudah menindaklanjuti dengan penerapan protokol kesehatan, sekarang tinggal saya mengimbau di lapangan,” katanya.

Sejauh ini, lanjut Nova, dirinya sudah melakukan pengaturan mengenai libur akhir tahun dengan mengeluarkan surat edaran tentang penegakan Prokes selama libur panjang natal dan tahun baru 2021 demi mencegah peningkatan jumlah kasus penderita COVID-19 di Aceh.

Pemerintah Aceh juga mengimbau seluruh masyarakat Aceh tidak melakukan perjalanan antar-daerah maupun luar provinsi dan luar negeri di saat libur dan cuti bersama jelang akhir tahun dan tahun baru 2021 ini. 

“Sudah kita lakukan tinggal kita minta para pihak mengawasi dan mematuhi,” ujar politikus partai Demokrat itu. 

Untuk diketahui, sampai dengan hari ini, berdasarkan laporan Satgas COVID-19 Aceh secara akumulatif kasus di Aceh telah mencapai 8.727 orang, diantaranya pasien yang masih dirawat 886 orang, sudah sembuh sebanyak 7.497 orang dan 344 orang meninggal dunia. Antara

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun