Peringatan 16 Tahun Gempa dan Tsunami Aceh, Nova Minta Masyarakat Waspadai Bencana Non-alam Seperti Covid

Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai ancaman penyebaran Covid-19, Meskipun secara medis penanganan infeksi Covid-19 di Aceh sudah berjalan cukup baik.

Namun Gubernur meminta masyarakat  tidak boleh lengah, sebab dari hari ke hari warga yang terinfeksi virus ini masih bertambah.

“Sosialisasi penerapan protokol kesehatan harus terus kita tingkatkan. Langkah ini sangat penting sebab Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan,melainkan juga telah mempengaruhi sektor-sektor lainnya,” ujar Nova pada peringatan 16 tahun Gempa dan tsunami Aceh di stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Sabtu (26/12/2020).

Nova menyebutkan, Pemerintah Aceh bersama Forkopimda kata Nova,  sejak awal telah menjalankan banyak program dan langkah- langkah guna mengantisipasi dampak dari virus ini seperti Gebrak Masker Aceh (GEMA), Gerakan Mandiri Pangan (GAMPANG), Peucrok Masker, Gerakan Tenaga Kesehatan Cegah Covid-19 (GENCAR), Gerakan Masker Sekolah (GEMAS) dan yang sedang berjalan saat ini GENCAR 2 untuk mengantisipasi bertambahnya kasus positif Covid pasca libur akhir tahun.

Sementara itu peringatan 16 tahun Gempa dan tsunami Aceh mengambil tema: “Refleksi Tsunami dan Kekuatan Masyarakat Aceh Dalam Menghadapi Pendemi Covid-19”.

Peringatan 16 tahun Gempa dan tsunami Aceh digelar sederhana dan terbatas, masyarakat pada umumnya juga dapat mengikuti acara ini melalui virtual dan program live streaming dari berbagaimedia.

Nova berharap peringatan 16 tahun Gempa dan tsunami Aceh hendaknya menjadi media untuk membangun kekuatan masyarakat Aceh dalam menghadapi berbagai bencana baik alam maupun bencana non alam yangkerap terjadi di negeri kita. Seperti bencana saat ini yang masih mengancam yaitu banjir, tanah longsor, dan termasuk yang sangat meresahkan yaitu Pandemi Covid-19.

“Biasanya untuk menyikapi ancaman tersebut, berbagai macam upaya pengurangan risiko kita lakukan. Namunsebagai muslim, kita tidak boleh lupa, bahwa risiko bencana itu akan terhindari dengan jalan meminta ampun danbertaubat kepada Allah subhanahu wa ta’ala,” pungkas Nova.

Pada kesempatan tersebut Mewakili rakyat Aceh, Nova juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada masyarakat nasional dan komunitas internasional atas solidaritas dan dukungan dalam rangka rehabilitasi dan rekontruksi pasca tsunami di Aceh. 

Tercatat tidak kurang dari 53 negara yang telah berkontribusi untuk rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pascabencana. Pemerintah dan masyarakat Aceh memberikan apresiasi kepada negara-negara pendonor, salah satunya melalui simbol terima kasih kepada dunia yang dibuat dalam bentukmonument “thanks to the world” dan prasasti “thank you and peace” yang bertuliskan nama dan benderanegara serta ekspresi rasa syukur dalam bahasa masing- masing negara, di sepanjang “jogging track” LapanganBlang Padang, Banda Aceh.

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun