Satgas Ungkap Kondisi 8 Bulan Pandemi, 20% Warga Belum Patuh Pakai Masker

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memaparkan tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan di Indonesia. Satgas menyebut, selama 8 bulan pandemi Corona, masih ada 20 persen warga yang belum disiplin menggunakan masker.

“Kita sudah 8 bulan dan kegiatan masyarakat juga sebagian sudah mulai kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kami di Satgas memiliki alat monitor tentang perilaku yang ada di masyarakat dan sudah kita operasikan sebulan lebih,” kata juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito dalam siaran YouTube BNPB, Senin (9/11/2020).

Wiku mengatakan petugas yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan duta perubahan perilaku terus melakukan pengawasan terhadap masyarakat. Petugas akan melaporkan kepatuhan warga setiap detik.

“Mereka melaporkan setiap hari, setiap jam tentang penerapan protokol 3 M itu di masyarakat. Dan real time difoto dan dikirimkan kepada kami laporannya sekitar 500 laporan per detik dari seluruh Indonesia. Dan saat sekarang ini ada 2 juta orang yang dipantau dan dari 4.500.000 titik yang dipantau di seluruh Indonesia,” jelas Wiku.

Lebih lanjut, Wiku mengatakan sebanyak 20 persen warga belum tertib menggunakan masker. Begitu pula dengan mereka yang tidak menjaga jarak dan cuci tangan.

“Dari laporan ini kita lihat bahwa kepatuhan individu dan institusi yang kita nilai ternyata kepatuhan individu yang menggunakan masker salah satu contohnya relatif mereka telah menggunakan masker, ada sekitar 20 persen yang belum tertib menggunakan masker, begitu juga yang menjaga jarak dan cuci tangan,” kata dia. Detik

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads