BBC News Indonesia: Perjalanan 71 tahun dari Orde Lama, Orde Baru, Reformasi hingga saat ini, dengan pilar utama imparsialitas

Pada 30 Oktober 2020, BBC News Indonesia berulang tahun ke-71. Dalam usianya tersebut, BBC News Indonesia telah membuat berbagai karya jurnalistik.

BBC Siaran Indonesia mengudara pertama kali pada hari Minggu, 30 Oktober 1949. Sebelum itu, para pendengar di Indonesia sudah mengikuti Siaran Malaysia yang berdiri beberapa tahun sebelumnya.

Perjalanan jurnalistik puluhan tahun ini, menurut mantan penyiar BBC Siaran Bahasa Indonesia, Eka Budianta –yang menggagas penerbitan buku pengalaman para wartawan dan mantan wartawan BBC Siaran Bahasa Indonesia untuk peringatan tahun ke-71– juga mendokumentasikan prinsip imparsial (tidak memihak), yang menjadi salah satu pilar utama yang dipegang teguh.

BBC News Indonesia adalah bagian dari 42 bahasa dari BBC World Service, dengan markas di London dan memiliki kantor di berbagai kota di dunia termasuk di Jakarta.

Salah seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia, Sutan Sjahrir, pernah bersiaran di depan corong BBC Siaran Malaysia ini pada tahun 1947, untuk mempromosikan negara Indonesia merdeka yang kala itu masih berusia sangat muda.

Pada zaman Orde Baru, media di Indonesia relatif tidak terlalu leluasa untuk menyampaikan berita seperti apa adanya.

BBC Indonesia tidak menghadapi kendala semacam itu, sehingga mendapatkan banyak penggemar yang menjadikan BBC Indonesia sebagai sumber informasi alternatif.

Dalam perjalanan siaran radio, BBC Indonesia—atas prakarsa Menuk Suwondo yang mulai menjabat sebagai Kepala Seksi pada 1998—memperluas jangkauan pendengar, melalui kerja sama dengan Radio Elshinta, Jakarta.

Dari Elshinta sebagai mitra pertama ini, muncul kerja sama dengan mitra-mitra radio lain di berbagai provinsi di Indonesia.

Dengan situs web yang semakin berkembang, BBC juga memperluas jangkauan pembaca melalui kerja sama mitra digital denganDetik.com sebagai mitra pertama.

Inke Maris – salah seorang yang pernah bergabung dengan BBC Indonesia di Londonsejak tahun 1969 sampai 1981 mengatakan salah satu pengalaman yang paling diingatnya adalah ketika harus siaran di rumah sakit dalam keadaan hamil besar.

“Saat saya hamil dan harus di rumah sakit selama satu bulan, pengalaman saya tentang pengalaman di rumah sakit diminta untuk ceritakan. Tiap hari lah saya siaran, perawatannya, obat yang harus saya minum, bagaimana perawatnya, dokternya.

“Siaran khusus lah. Karena acara unik, akhirnya foto saya di rumah sakit sedang hamil besar dipasang di lobi BBC selama bertahun-tahun,” cerita Inke kepada BBC News Indonesia pada peringatan ulang tahun 2014.

Sejak tahun 2011, BBC Siaran Indonesia mulai menggeser fokusnya dari penyampaian informasi melalui radio, ke penyajian informasi secara digital.

Belakangan juga lewat berbagai platform media sosial. Namanya pun bertukar, bukan lagi BBC Siaran Indonesia, melainkan BBC News Indonesia.

Endang Nurdin, salah seorang wartawan BBC News Indonesia, mengalami masa-masa pergeseran ini, dengan mengatakan berbagai peralihan selalu diterapkan melalui berbagai pelatihan.

“Ketika BBC pelan-pelan bergeser ke arah multimedia, kami mendapat pelatihan menulis artikel untuk situs web—kiat penulisan yang tentu berbeda dari bahasa radio. Ada juga pelatihan kemampuan dasar untuk shooting dan cara mengedit video.

“Ketika media sosial mulai naik daun, kami dilatih untuk ‘mendengar’ berbagai percakapan melalui sejumlah platform dan mencari cara jitu menarik pembaca ke situs BBC,” ujar Endang.

Saat ini, ketika orang mulai banyak mencari hampir segala hal, termasuk berita, melalui mesin pencari internet, BBC News Indonesia pun beradaptasi dengan sejumlah instrumen guna melakukan fungsi jurnalistik yang berpegang teguh pada kebenaran dan keakuratan, imparsial, keadilan, akuntabilitas, dan melayani kepentingan publik.

Selain tetap hadir di radio dengan siaran pada pukul 05.00 dan 06.00 WIB, konten BBC News Indonesia bisa diakses di berbagai kanal media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, YouTube dan Spotify. BBC Indonesia