Penderita Covid-19 Sembuh Lagi 130 Orang, Paling Banyak Aceh Besar

Saiful Abdulgani

Alhamdulillah, penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang dilaporkan sembuh, dalam waktu 24 jam terakhir, bertambah lagi 130 orang dan paling banyak warga Aceh Besar. Sementara korban baru terinfeksi virus corona berdasarkan hasil uji swab dengan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) 51 orang, 3 orang meninggal dunia.

Ungkapan Syukur itu kembali terdengar dari Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani–akrab disapa SAG—saat menyampaikan informasi perkembangan Covid-19 Aceh kepada pers, Selasa, 13/10/2020.

Penderita Covid-19 yang dilaporkan sembuh meliputi warga Aceh Besar sebanyak 46 orang, Banda Aceh 24 orang, Pidie Jaya 21 orang, warga Bireuen dan Aceh Tamiang sama-sama 13 orang. Warga Aceh Singkil dilaporkan sembuh dari Covid-19 sebanyak 6 orang, Bener Meriah 5 orang, dan warga Sabang 2 orang.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT atas kesembuhan pasien-pasien Covid-19 yang terus bertambah, meski kasus konfirmasi juga bertambah secara fluktuatif,” tutur SAG.

Selanjutnya ia merinci kasus-kasus konfirmasi baru sebanyaak 51 orang, yang meliputi warga Aceh Tamiang sebanyak 15 orang, Aceh Tenggara 11 orang, Aceh Jaya 7 orang, Subulussalam 9 orang, Simeulue dan Aceh Barat Daya sama-sama 3 orang.

Selanjutnya Aceh Utara sebanyak 2 orang. Sedangkan warga Gayo Lues, Banda Aceh, dan Lhokseumawe, masing-masing 1 orang, dan minus 2 orang warga luar Aceh. Angka minus ini masih dalam proses verifikasi faktual di kabupaten/kota karena identitas “luar daerah” merujuk pada alamat yang tertera pada hasil uji RT-PCR, berdasarkan KTP-nya.

Kumulatif Covid-19

Kemudian, seperti biasa, ia laporkan akumulasi kasus Covid-19 di Aceh secara akumulatif, terhitung sejak 27 Maret 2020. Kasus konfirmasi baru hari ini sebanyak 51 orang, sehingga secara akumulatif jumlah semua kasus sudah mencapai 5.893 orang. Rinciannya, yang masih dirawat di rumah sakit atau diisolasi mandiri 1.828 orang, sembuh 3.851 orang, dan 214 orang meninggal dunia.

“Pasien konfirmasi Covid-19 yang meninggal dunia bertambah 3 orang, dan semuanya warga Kota Subulussalam,” sebut SAG.

Sementara itu, lanjut Jubir Covid-19 Aceh itu, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau kasus probable secara akumulasi sebanyak 501 orang. Dari jumlah tersebut, 62 PDP/probable dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 410 sudah selesai isolasi, dan 29 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 3.219 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.922 orang sudah selesai masa pemantauan (selesai isolasi), 290 orang dalam proses isolasi di rumah dan dipantauan Satgas Covid-19–dan 7 orang isolasi di rumah sakit.

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun