Dinkes Banda Aceh Akan Luncurkan Aplikasi COVID-19 di Pandemi

Covid-19

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banda Aceh berencana meluncurkan Aplikasi COVID-19 dalam rangka menurunkan kasus konfirmasi penderita virus corona jenis baru, menyusul penerapan 3T di ibu kota provinsi di tengah pandemi.

Kepala Dinkes Kota Banda Aceh, Lukman di Banda Aceh, Ahad, menyebut, penerapan 3T, yakni tracing (pelacakan), testing (pemeriksaan), dan treatment (pengobatan) untuk mempercepat konfirmasi baru yang dilaporkan.

“Dengan adanya Aplikasi COVID-19 Kota Banda Aceh ini, maka diharapkan pengendalian dan pencegahan penularan dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat, sehingga pandemi COVID-19 di Banda Aceh dapat terkendali,” tegasnya.

Ia menerangkan, pihaknya telah menggandeng Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) setempat dengan menggelar pelatihan mengajarkan ketrampilan tesebut pekan ini. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh tenaga surveillance (pengawasan) oleh 11 puskesmas maupun petugas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa, dan admin dinas kesehatan setempat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Bagi warga kota kita berharap jaga prokes (protokol kesehatan), melapor ke petugas bila ada gejala atau kontak erat dengan positif COVID-19. Sayangi diri, dan keluarga anda. Insya Allah, wabah COVID-19 ini bisa teratasi,” ungkap Lukman. 

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Kota Banda Aceh, Desvita, menambahkan, Aplikasi COVID-19 tersebut sangat dibutuhkan dalam pengawasan dan penerapan 3T.

Ia mengaku, pihaknya menilai aplikasi ini sangat membantu para petugas di lapangan. “Melalui Aplikasi COVID-19 ini, maka akan mempermudah pencatatan dan pelaporan. Petugas surveilance nantinya lebih mudah melakukan pelacakan, dan penelusuran epidemiologi,” terang dia. 

“Sehingga dapat dilakukan tindak lanjut, seperti pemantauan isolasi mandiri di rumah. Kemudian pelaksanaan desinfektan di tempat tinggal maupun tempat kerja pasien yang terkonfirmasi,” kata Desvita. Antara

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun